HUBUNGAN KARAKTERISTIK NARAPIDANA, PREFERENSI PENAMPILAN, RASA, DAN MENU MAKANAN DENGAN SISA MAKANAN (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Wanita Semarang)

AZZAHRA, SARAH KHALDA (2017) HUBUNGAN KARAKTERISTIK NARAPIDANA, PREFERENSI PENAMPILAN, RASA, DAN MENU MAKANAN DENGAN SISA MAKANAN (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Wanita Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
35Kb

Abstract

Penyelenggaraan makanan bagi narapidana merupakan salah satu upaya peningkatan status kesehatan dan gizi masyarakat. Keberhasilan pelayanan gizi jika sisa makanan tidak lebih dari 25%. Jika sisa makanan dibiarkan berlangsung dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan defisiensi zat-zat gizi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik narapidana, preferensi penampilan, rasa, dan menu makanan dengan sisa makanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian ini adalah 72 narapidana wanita. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Variabel usia, pendidikan, preferensi penampilan, rasa, dan menu dengan sisa makanan dianalisis menggunakan uji Rank Spearman dan variabel etnis dengan sisa makanan dianalisis menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden berusia kurang dari 35 tahun sebesar 54,2%, responden dari etnis Jawa sebesar 51,4%, dan responden dengan tingkat pendidikan tinggi sebesar 65,3%. Responden menyatakan bahwa preferensi penampilan makanan menarik (55,6%) dengan rata-rata 2,82, preferensi rasa makanan enak (72,2%) dengan rata-rata 2,90, preferensi menu makanan bervariasi (56,9%) dengan rata-rata 2,69, dan sisa makanan dalam kategori banyak (>25%) sebesar 54,2% dengan rata-rata 27%. Sisa makanan yang paling tinggi berdasarkan jenis makanan yaitu sisa makanan pokok (40%) dan snack (31%). Berdasarkan waktu makan yaitu waktu makan malam (30%). Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada hubungan usia (p=0,631), etnis (p=0,150), pendidikan (p=0,120), penampilan makanan (p=0,075), rasa makanan (p=0,051), dan menu makanan (p=0,206) dengan sisa makanan. Meningkatkan kualitas makanan terutama pada aspek porsi, suhu, dan bumbu untuk mengurangi terjadinya sisa makanan dan perlu adanya inovasi pada menu makanan agar narapidana tidak merasa bosan Kata Kunci: Menu, Narapidana, Penampilan, Rasa, Sisa Makanan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53544
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:04 May 2017 11:42
Last Modified:04 May 2017 11:42

Repository Staff Only: item control page