PERILAKU IBU DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKS USIA DINI PADA ANAK PRA SEKOLAH (STUDI DESKRIPTIF EKSPLORATIF dI TK IT BINA INSANI KOTA SEMARANG)

APRILIA, ASTRI (2014) PERILAKU IBU DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKS USIA DINI PADA ANAK PRA SEKOLAH (STUDI DESKRIPTIF EKSPLORATIF dI TK IT BINA INSANI KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Pendidikan seks merupakan pengajaran, penyadaran, dan pemberian infoseksual. Informasi yang diberikan di antaranya pengetahuan tentang fungsi organ reproduksi dengan menanamkan moral, etika, komitmen, agama agar tidak terjadi “penyalahgunaan” organ reproduksi tersebut. Pada masa sekarang, anak banyak mengalami pendewasaan dini dan semakin banyak terjadi kasus pelecehan seksual terhadap anak kecil. Tujuan penelitian untuk menggambaran perilaku ibu dalam memberikanpendidikan seks usia dini pada anak prasekolah, meliputi praktek, pengetahuan, sikap, subjective norms, behavioral believe, niat dan perilaku anak yang meyimpang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Subyek penelitian dipilih secara purposive sampling sebanyak 7 orang. Validitas penelitian menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Analisa data menggunakan content analysis. Theory Planned Behavior digunakan dalam kerangka kerja analisa penelitian ini. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah karakteristik personal ibu, sikap ibu terhadap perilaku, norma subyektif, kontol terhadap perilaku niat ibu serta paktek ibu dalam memberikan pemahaman pendidikan seks usia dini pada anak prasekolah. Variabel yang diteliti meliputi karakteristik personal ibu, sikap terhadap perilaku, norma subyektif, kontrol terhadap perilaku, niat dan praktek ibu dalam memberikan pendidikan seks usia dini pada anak pra sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu terkait pendidikan seks masih terbatas, ibu belum memahami mengenai batasan-batasan yang harus diberikan kepada anak usia pra sekolah sesuai teori-teori yang ada. Ibu terbukti masih ragu serta belum yakin dengan yang disampaikan sesuai dengan norma dan kepercayaannya masing-masing. Sikap ibu mengenai pemberian pendidikan seks sudah baik, begitu juga suami. Namun masih ada ibu yang belum memahami cara yang baik dalam menjawab pertanyaan anak. Ibu sudah memiliki niat untuk memberikan pendidikan seks pada anak pra sekolah, terbukti dari usaha ibu untuk mencari literatur mengenai materi Pendidikan Seks usia dini. Praktek ibu sudah baik namun materi mengenai batasan-batasan yang harus diberikan pada anak belum diketahui oleh ibu. Kesimpulannya adalah perilaku pemberian pendidikan seks usia dini pada anak pra sekolah masih belum sesuai batasan usia anak karena masih dianggap tabu oleh ibu dalam memberikan pemahaman pada anak Kata Kunci: Pendidikan seks usia dini, prasekolah, Theory Planned Behaviour

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53526
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:04 May 2017 10:21
Last Modified:04 May 2017 10:21

Repository Staff Only: item control page