PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PERILAKU DAN SUMBER INFORMASI IBU TERHADAP PRAKTIK REMAJA PUTRI DALAM HYGIENE MENSTRUASI PADA SMP MUHAMMADIYAH 1 MAJENANG CILACAP

SARI, ARI ROHANAH (2014) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PERILAKU DAN SUMBER INFORMASI IBU TERHADAP PRAKTIK REMAJA PUTRI DALAM HYGIENE MENSTRUASI PADA SMP MUHAMMADIYAH 1 MAJENANG CILACAP. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Hygiene menstruasi merupakan komponen personal hygiene yang memegang peranan penting dalam status perilaku kesehatan seseorang. Saat menstruasi kebersihan alat kelamin harus dijaga karena kuman mudah masuk dan menimbulkan Infeksi Saluran Reproduksi (ISR). Pertumbuhan remaja putri ditandai dengan menstruasi dan sering sekali melakukan kesalahan penanganan kurang higienie saat menstruasi seperti pemilihan celana dalam, pergantian pembalut dan cara membasuh alat genital. Data Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKRR) tahun 2012 dan 2013 terdapat kasus gangguan haid diantaranya keputihan, gatal-gatal dan infeksi daerah genital yang tercatat remaja pada usia 10-14 tahun dengan jumlah 7 dan 12 kasus, usia 15-19 tahun dengan jumlah 19 dan 16 kasus. Hal ini dapat disebabkan pengetahuan dan infromasi kurang diperoleh dari ibu. Siswi SMP Muhammadiyah 1 Majenang mengetahui menstruasi tetapi belum tahu bagaimana melakukan higinie menstruasi. Maka diperlukan pendidikan, perilaku dan sumber infromasi tentang higiene mestruasi dari ibu kepada anak. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, perilaku dan sumber informasi ibu terhadap praktik remaja putri dalam hygiene menstruasi pada SMP Muhammadiyah 1 Majenang Cilacap. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini 80 ibu dari siswi SMP Muhammadiyah 1 Majenang yang sudah mengalami menstruasi dan sekaligus menjadi sampel penelitian. Analisis data menggunakan chi-square signifikansi 5% dan regresi logistik sederhana signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh antara pendidikan, praktik dan sumber infromasi ibu terhadap praktik hygiene menstruasi remaja putri dengan signifikansi masing-masing KP=1,16%, KP=12,8% dan KP=1,34% yang dibuktikan dengan uji hubungan dengan signifikansi masing-masing p=0,040, 0,0001, dan 0,015 Kata Kunci: Tingkat Pendidikan, Perilaku, Sumber Informasi, Hygiene Menstruasi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53455
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 May 2017 10:27
Last Modified:03 May 2017 10:27

Repository Staff Only: item control page