PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA PEKERJA PENGECORAN LOGAM PT. SINAR SEMESTA (Studi Kasus tentang Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Ditinjau dari Pengetahuan Terhadap Potensi Bahaya dan Resiko Kecelakaan Kerja pada Pekerja Pengecoran Logam PT.Sinar Semesta Desa Batur, Ceper, Klaten)

NOVIANTO, NANANG DWI (2014) PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA PEKERJA PENGECORAN LOGAM PT. SINAR SEMESTA (Studi Kasus tentang Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Ditinjau dari Pengetahuan Terhadap Potensi Bahaya dan Resiko Kecelakaan Kerja pada Pekerja Pengecoran Logam PT.Sinar Semesta Desa Batur, Ceper, Klaten). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
33Kb

Abstract

Industri pengecoran logam merupakan industri yang mengolah bijih logam menjadi benda jadi. Pada pengecoran logam di Ceper Klaten ini mengerjakan pengecoran besi dengan suhu penuangan mencapai 1600° C. Pada industri ini sebagian besar pekerja tidak menggunakan APD meskipun di lingkungan kerja terdapat ancaman bahaya seperti suhu lingkungan yang tinggi, radiasi sinar infra merah, percikan logam panas, debu hasil pembakaran, induksi listrik, dan serpihan material logam. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perilaku pekerja pengecoran logam tentang penggunaan APD yang ditinjau dari pengetahuan terhadap potensi bahaya dan resiko kecelakaan kerja di PT. Sinar Semesta batur, Ceper, Klaten.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah informan 6 orang yang terdiri dari 4 orang informan utama dan 2 orang informan triangulasi.Pengumpulan data melalui observasi langsung dan wawancara mendalam menggunakan daftar pertanyaan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pekerja pengecoran logam PT Sinar Semesta memiliki tingkat pengetahuan yang rendah tentang Alat Pelindung Diri (APD) dan potensi bahaya yang dapat mengancam keselamatan mereka di tempat kerja. Hasil ini diperoleh dari wawancarayang dilakukan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa para pekerja pengecoran Logam PT Sinar Semesta memiliki sikap kurang baik terhadap pemakaian Alat Pelindung Diri (APD), seperti yang diungkapkan hampir semua informan yang menyatakan bahwa mereka merasa risih, panas dan gerah memakai peralatan keselamatan seperti APD. Disarankan pihak perusahaan menyiapkan peraturan, mewajibkan penggunaan APD dan memberikan kesempatan bagi pekerja untuk mengikuti pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja, serta menciptakan lingkungan kerja yang nyaman Kata Kunci: pengetahuan, APD, perilaku

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53412
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:02 May 2017 14:01
Last Modified:02 May 2017 14:01

Repository Staff Only: item control page