Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kadar Kristal Kalsium OKsalat Urin (Studi Case Control pada Pekerja Pengelasan Pagar Teralis di Kecamatan Tembalang)

HARIS, ABDUL (2014) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kadar Kristal Kalsium OKsalat Urin (Studi Case Control pada Pekerja Pengelasan Pagar Teralis di Kecamatan Tembalang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Batu Saluran Kemih (BSK) merupakan penyakit dimana didapatkan masa keras seperti batu yang terbentuk disepanjang saluran kemih baik saluran kemih atas (ginjal dan ureter) dan saluran kemih bawah (kandung kemih dan uretra), yang dapat menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih dan infeksi. Batu ini terbentuk dari pengendapan garam kalsium, magnesium, asam urat, atau sistein. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kadar kristal kalsium oksalat dalam urin. Populasi penelitian ini adalah para pekerja pengelasan pagar teralis di kecamatan Tembalang, sebanyak 60 oraang yang terdiri dari 29 orang positif mengandung kadar kristal kalsium oksalat urin, dan 31 orang negatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pemeriksaan laboratorium kadar kristal kalsium oksalat urin. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji chi square dan Odds Ratio. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh umur terhadap kadar kristal kalsium oksalat urin dengan OR = 3,352; kebiasaan minum terhadap kadar kristal kalsium oksalat urin dengan OR = 7,232; kebiasaan makan makanan yang mengandung oksalat terhadap kadar kristal kalsium oksalat urin dengan OR = 7,632; kebiasaan menahan buang air kemih terhadap kadar kristal kalsium oksalat urin dengan OR = 6,525; posisi saat bekerja terhadap kadar kristal kalsium okaslat urin dengan OR = 3,200; dan lama bekerja ditempat panas terhadap kadar kristal kalsium oksalat urin dengan OR 4,462. kesimpulan penelitian ini adalah dari semua variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kadar kristal kalsium okaslat urin. Saran bagi pekerja hendaknya mengkonsumsi air yang cukup (2500 ml/hari) agar dapat membantu mengeluarkan batu-batu berukuran kecil melalui pembuangan urin. Kata Kunci: umur, kebiasaan minum, kebiasaan makan, kebiasaan menahan buang air kemih posisi saat bekerja, lama bekerja, dan kadar kristal kalsium oksalat urin

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53375
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Apr 2017 15:11
Last Modified:28 Apr 2017 15:11

Repository Staff Only: item control page