PENGARUH ORIENTASI PASAR, PEMBELAJARAN DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INOVASI PRODUK SERTA IMPLIKASINYA PADA KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA UKM BATIK DI KOTA SEMARANG)

Farida, Naili (2014) PENGARUH ORIENTASI PASAR, PEMBELAJARAN DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INOVASI PRODUK SERTA IMPLIKASINYA PADA KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA UKM BATIK DI KOTA SEMARANG). Jurnal Ilmiah Kajian Manajemen dan Bisnis, 1 (1). pp. 85-99. ISSN 2356-0290

[img]
Preview
HTML
5Mb

Abstract

UKM batik Semarang termasuk salah satu industri kreatif yang sedang tumbuh pesat menghasilkan produk – produk batik yang khas di kota Semarang. Salah satu masalah yang dihadapi adalah antara target produksi yang dihasilkan dengan target realisasi yang dapat dipasarkan belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, pembelajaran dan kewirausahaan dan inovasi serta implikasi pada keunggulan bersaing. Tipe penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dan populasi dalam penelitian ini adalah semua UKM Batik di Kota Semarang dan teknik sampling yang digunakan adalah sensus yaitu seluruh UKM Batik di Kota Semarang sebanyak 40 orang pengrajin. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung melalui kuesioner dan data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi dua tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orientasi pasar, Pembelajaran dan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk. Sedangkan variabel inovasi berpengaruh positif dan signifikan dan paling besar pengaruhnya terhadap keunggulan bersaing. Kata kunci: Orientasi Pasar, Kewirausahaan, Inovasi produk, Keunggulan bersaing. Abstract UKM batik Semarang including one of the creative industries that are growing rapidly produce - typical batik products in Semarang. One of the problems encountered is the production targets generated by the realization of targets that can be marketed not optimal. The purpose of this study was to analyze the effect of market orientation, learning and entrepreneurship and innovation as well as the implications on competitive advantage. This type of research is explanatory research and population in this study were all UKM Batik in Semarang and the sampling technique used is the census that is all UKM Batik Semarang 40 people craftsmen. Data collection methods used are primary data collected directly through questionnaires and secondary data obtained indirectly. The sampling technique used in this study is a two-stage regression analysis. The results showed that the market orientation, learning and entrepreneurial significant positive effect on product innovation. While variable positive and significant impact of innovation and the greatest influence on competitive advantage.

Item Type:Article
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:53372
Deposited By:Magister Ilmu Komunikasi
Deposited On:28 Apr 2017 15:58
Last Modified:28 Apr 2017 15:58

Repository Staff Only: item control page