Analisis Rentabilitas pada Usaha Peternakan Ayam Pedaging Toha Farm di Desa Sonean Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. (The Analysis of Rentability of Enterprise Broiler at Toha Farm in Sonean village Margoyoso District of Pati Regency)

ARIFIN, Ahmad and Budirahardjo, Kustopo and Setiadi, Agus (2015) Analisis Rentabilitas pada Usaha Peternakan Ayam Pedaging Toha Farm di Desa Sonean Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. (The Analysis of Rentability of Enterprise Broiler at Toha Farm in Sonean village Margoyoso District of Pati Regency). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
158Kb
[img]
Preview
PDF
141Kb
[img]
Preview
PDF
101Kb
[img]
Preview
PDF
332Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

211Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1269Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1851Kb

Abstract

Rentabilitas suatu perusahaan menunjukkan perbandingan antara laba dengan aktiva atau modal yang menghasilkan laba tersebut, dengan kata lain rentabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya biaya produksi, penerimaan dan pendapatan usaha serta untuk mengetahui tingkat rentabilitas usaha pada peternakan ayam pedaging “Toha Farm. Penelitian ini dilaksanakan bulan Agustus-November 2014 di Peternakan ayam pedaging “Toha Farm” di Desa Sonean Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Responden dari Pennelitian ini adalah karyawan perusahaan peternakan ayam pedaging “Toha Farm”. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi (pengamatan). Jenis data dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui pengamatan langsung dan hasil wawancara dengan menggunakan kuesioner mengenai aspek teknis dan keuangan. Data primer berupa data “Time Series” selama 15 periode panen. Data yang sudah terkumpul selanjutnya diedit, ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif diuji menggunakan one sample t-test, untuk membandingkan pendapatan terhadap upah minimum Kabupaten Pati (UMK) dan rentabilitas modal sendiri (RMS) terhadap suku bunga deposito perbankan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendapatan bersih perbulan peternakan “Toha Farm” pada tahun 2012 mencapai Rp 4.594.170, pada tahun 2013 Rp 8.606.111 dan pada tahun 2014 Rp 9.888.185. Rentabilitas modal sendiri (RMS) yang dicapai pada periode 2012-2014 secara berturut-turut mencapai 10,04%, 12,11% dan 8,44%. Berdasarkan one sample t-test diketahui bahwa perbandingan pendapatan bersih per bulan dengan upah minimum Kabupaten (UMK) Pati tidak berbeda nyata (P>0,05) sedangkan perbandingan RMS dengan suku bunga deposito perbankan menunjukkan berbeda nyata (P≤0,05). Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah keuntungan perbulan peternakan “Toha Farm” lebih tinggi dibanding UMK Kabupaten Pati. Angka RMS pada hasil penelitian ini lebih besar dibanding suku bunga deposito bank, sehingga peternakan “Toha Farm” mempunyai kemampuan dalam menghasilkan keuntungan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:53364
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Apr 2017 10:53
Last Modified:28 Apr 2017 10:53

Repository Staff Only: item control page