Analisis Potensi Pengembangan Agribisnis Sapi Perah di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. (Potency Analysis of Agribussines Development for Dairy Cattle in Ungaran Barat Subdistrict, Semarang Regency)

PUTRO, Dicky Aprilianto Nungroho and SETIADI, Agus and HANDAYANI, Migie (2013) Analisis Potensi Pengembangan Agribisnis Sapi Perah di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. (Potency Analysis of Agribussines Development for Dairy Cattle in Ungaran Barat Subdistrict, Semarang Regency). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
199Kb
[img]
Preview
PDF
85Kb
[img]
Preview
PDF
187Kb
[img]
Preview
PDF
170Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

260Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1071Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1461Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pengembangan agribisnis sapi perah di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang, baik dilihat dari daya dukung sumber daya alam, SWOT dan profitabilitas. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan suatu informasi yang dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan dalam pembangunan peternakan khususnya agribisnis sapi perah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode pengambilan sampel ditentukan dengan metode quota random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 81 peternak dengan menggunakan rumus Slovin. Data yang diambil adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan anggota KTT sapi perah yang berpedoman pada kuesioner. Data sekunder diperoleh dari catatan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Semarang, Badan Pusat Statistik dan Kantor Kecamatan Ungaran Barat. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu, analisis SWOT untuk mengetahui potensi pengembangan agribisnis sapi perah serta analisis dengan uji t suatu sampel uji beda (one sample t-test) dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan analisis SWOT untuk total skor faktor internal diperoleh 3,421 dan skor total eksternal 3,520 dan terletak pada matriks I yang menunjukkan pertumbuhan. Perhitungan profitabilitas diperoleh hasil 56,8%. Hasil statistik (one sample t-test) pengujian profitabilitas diperoleh (P < 0,05) berbeda sangat nyata antara nilai profitabilitas dengan tingkat suku bunga Bank BRI yang berlaku yaitu sebesar 11,50%, maka Ho ditolak H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa agribisnis sapi perah di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang berpotensi untuk dikembangkan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:53359
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:28 Apr 2017 10:03
Last Modified:28 Apr 2017 10:03

Repository Staff Only: item control page