PENGARUH PEMBERIAN SUPLEMENTASI SENG (Zn) TERHADAP MALONDIALDEHYDE (MDA) PADA TIKUS PUTIH RATTUS NORVEGICUS STRAIN WISTAR YANG DIPAPAR TIMBAL (Pb-Asetat)

ASTUTI, HERNI (2014) PENGARUH PEMBERIAN SUPLEMENTASI SENG (Zn) TERHADAP MALONDIALDEHYDE (MDA) PADA TIKUS PUTIH RATTUS NORVEGICUS STRAIN WISTAR YANG DIPAPAR TIMBAL (Pb-Asetat). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
48Kb

Abstract

Terpapar Timbal (Pb-Asetat) dapat menyebabkan pembentukan radikal bebas, dan semakin tinggi radikal bebas dalam tubuh maka semakin tinggi pula kadar Malondialdehyde (MDA). Seng memiliki fungsi sebagai antioksidan tubuh serta dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yaitu serangan lipid peroksidan dan dapat menurunkan kadar Malondialdehyde. Tujuan penelitian untuk membuktikan pengaruh pemberian suplementasi Seng (Zn) terhadap kadar Malondialdehyde (MDA) yang dipapar Timbal (Pb-Asetat) pada terhadap tikus putih Rattus norvegicus Strain Wistar. Penelitian dilakuakan di Laboratorium Biologi Fakultas MIPA Universitas Semarang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian post test only control groups design karena pengambilan data hanya satu kali yaitu setelah perlakuan. Perlakuan terdiri dari 4 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 6 tikus, kelompok kontrol hanya pemberian timbal 0,5gr/kg/hari, sedangkan pada perlakuan I, II dan, III diberikan timbal 0,5gr di tambah seng 0,4 ; 0,6 dan ; 0,8 mg. Data normal dan homogen, diuji dengan menggunakan uji Anova-Oneway. Data yang tidak nomal dan tidak homogen diuji dengan menggunakan uji Anova-Oneway dan Kruskal-Wallis dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney. Hasil Anova satu arah menunjukkan untuk variabel kadar Malondialdehyde adalah 0,0001 < 0,05, maka Ho ditolak sehingga variansi untuk keempat perlakuan tersebut adalah tidak identik atau adanya signifikan. Pemberian suplementasi Seng (Zn) terbukti berpengaruh terhadap kadar Malondialdehyde (MDA) pada tikus putih Rattus norvegicus Strain Wistar yang dipapar Timbal (Pb-Asetat), sebesar 17,33 (nmol/ml) Perlakuan I dan 15,23 (nmol/ml) pada perlakuan III dibandingkan dengan kelompok kontrol sebesar 18,86 (nmol/ml) jadi terdapat perbedaan antar kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan Kata Kunci: Suplementasi Seng (Zn), Timbal (Pb-Asetat), Malondialdehyde, Tikus Putih Rattus norvegicus Strain Wistar

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53336
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:27 Apr 2017 11:09
Last Modified:27 Apr 2017 11:09

Repository Staff Only: item control page