ANALISIS KESIAPAN IMPLEMENTASI EMERGENCY RESPONSE PREPAREDNESS DALAM PENINGKATAN KESELAMATAN PENUMPANG PADA KECELAKAAN KERETA API DI PT. KERETA API INDONESIA (persero)

Qurniasari, Wanda (2014) ANALISIS KESIAPAN IMPLEMENTASI EMERGENCY RESPONSE PREPAREDNESS DALAM PENINGKATAN KESELAMATAN PENUMPANG PADA KECELAKAAN KERETA API DI PT. KERETA API INDONESIA (persero). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Emergency response preparedness merupakan sistem perencanaan, pengelolaan dan pelaksanaan sistem tanggap darurat. Sistem konkret ini merupakan bentuk persiapan awal dalam rangka menghadapi keadaan darurat untuk meningkatkan keselamatan penumpang yang ada di PT Kereta Api Indonesia (persero). Jumlah kejadian kecelakaan kereta api yang terjadi pada tahun 2011-2012 yaitu sebesar 4 kecelakaan dengan rincian korban sebanyak 9 orang meninggal dan 79 orang mengalami luka-luka. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis kesiapan dalam implementasi emergency response preparedness dalam peningkatan keselamatan penumpang pada kecelakaan kereta Api di PT Kereta Api Indonesia (persero). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan observasional. Subjek penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah pegawai kereta api yang terlibat dalam kasus penanganan kecelakaan kereta api kemudian diambil sampel sebanyak 5 orang dari petugas di bagian operasional departemen kereta api dan departemen safety data ini kemudian dianalisis dengan menggunakan NFPA 1600, PP No 50 tahun 2012 dan OHSAS 18001:2007. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Kereta Api Indonesia (persero) masih terdapat kekurangan dalam hal penyebaran komitmen mengenai keselamatan pada pihak terkait dan belum terdapatnya risk assessment mengenai faktor manusia dan faktor alam Kata Kunci: emergency response preparedness, kecelakaan kereta api

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53333
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Apr 2017 10:54
Last Modified:27 Apr 2017 10:54

Repository Staff Only: item control page