Analisis Perbedaan Pengetahuan Sikap Dan Praktik Pencegahan Kecelakaan Kerja Sebelum Dan Sesudah Sosialisasi K3 ( Studi Kasus Di Perusahaan Pencetakan Garam Beryodium Trimulyo Juwana )

Slamet , Slamet (2014) Analisis Perbedaan Pengetahuan Sikap Dan Praktik Pencegahan Kecelakaan Kerja Sebelum Dan Sesudah Sosialisasi K3 ( Studi Kasus Di Perusahaan Pencetakan Garam Beryodium Trimulyo Juwana ). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
40Kb

Abstract

Kecelakaan kerja biasanya terjadi karena kelalaian manusia, yang didorong oleh pengetahuan, sikap dan praktek yang dimiliki oleh orang tersebut sendiri untuk melakukan pekerjaan itu. Pada dasarnya pengetahuan, sikap dan praktek memiliki hubungan yang dekat. Perilaku ini terutama terkait dengan kurangnya informasi dan pengetahuan, salah satunya adalah sosialisasi tentang Kesehatan Keselamatan Kerja (K3). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap dan praktek pencegahan kecelakaan sebelum dan sesudah sosialisasi K3 bagi pekerja perusahaan garam di Desa Trimulyo, Kecamatan Juwana, Pati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra-eksperimental dengan desain pre test dan post test. Populasi penelitian adalah pekerja dari Trimolyo perusahaan garam dengan total 20 orang. Agar hasil penelitian yang lebih akurat, sampel yang diambil sesuai dengan jumlah populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi, sedangkan untuk mengukur pengetahuan, sikap dan praktek dengan menggunakan kuesioner. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t dan uji Wilcoxon dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-test untuk pengetahuan sebelum dan sesudah sosialisasi K3 adalah p = 0,000, yang berarti bahwa ada perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah sosialisasi K3 tersebut. Ada perbedaan dalam praktek sebelum dan sesudah sosialisasi K3 dengan p = 0,000. Dari uji Wilcaxon pada sikap pencegahan kecelakaan juga menunjukkan bahwa ada perbedaan sikap sebelum dan sesudah sosialisasi K3 dengan p = 0,000 Kata Kunci: Pengetahuan, Praktik, Sikap, Pencegahan kecelakaan kerja, Sosialisasi K3

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53325
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:27 Apr 2017 10:27
Last Modified:27 Apr 2017 10:27

Repository Staff Only: item control page