Studi Geoteknik Dalam Perencanaan Pembangunan Pelabuhan Balongan Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat

Ekasara, Adam Raka and Najib, Najib and Trisnawati, Devina (2017) Studi Geoteknik Dalam Perencanaan Pembangunan Pelabuhan Balongan Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Undergraduate thesis, Faculty of Engineering Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Adam Raka Ekasara_21100112130038_2017_JUDUL)
1829Kb
[img]PDF (Adam Raka Ekasara_21100112130038_2017_BAB I)
Restricted to Repository staff only

254Kb
[img]PDF (Adam Raka Ekasara_21100112130038_2017_BAB II)
Restricted to Repository staff only

890Kb
[img]PDF (Adam Raka Ekasara_21100112130038_2017_BAB III)
Restricted to Repository staff only

144Kb
[img]PDF (Adam Raka Ekasara_21100112130038_2017_BAB IV)
Restricted to Repository staff only

1422Kb
[img]PDF (Adam Raka Ekasara_21100112130038_2017_BAB V)
Restricted to Repository staff only

10Kb
[img]PDF (Adam Raka Ekasara_21100112130038_2017_DAFTAR PUSTAKA)
Restricted to Repository staff only

127Kb
[img]PDF (Adam Raka Ekasara_21100112130038_2017_LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

2402Kb

Abstract

Bentuk implementasi dari penguatan konektivitas nasional adalah pembangunan beberapa pelabuhan strategis. Salah satu lokasi yang akan dijadikan lokasi pembangunan pelabuhan baru adalah wilayah Balongan. Dalam upaya pembangunan pelabuhan Balongan diperlukan adanya analisis mendalam mengenai aspek geoteknik meliputi kondisi bawah permukaan, kapasitas daya dukung tanah serta besarnya penurunan. Jenis pondasi yang digunakan dalam perencanaan pembangunan Pelabuhan Balongan adalah jenis pondasi tiang pancang. Kapasitas daya dukung maksimum yang diijinkan dan beban maksimum yang diijinkan tersebut ditentukan berdasarkan analisis data dengan menggunakan nilai Standard Penetration Test (SPT) dan parameter sifat fisik dan mekanik tanah. Berdasarkan hasil pemboran menunjukan bahwa daerah penelitian didominasi secara keseluruhan oleh satuan lempung. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pada BH-3 kedalaman 18 meter dan diameter 0,4 meter dengan pengujian nilai SPT memiliki nilai beban maksimum yang diijinkan 53,068 ton sedangkan dengan pengujian parameter sifat fisik tanah dan sifat mekanik tanah memiliki nilai 265,929 ton. Pada BH-4 kedalaman 18 meter dan diameter 0.4 meter dengan pengujian nilai SPT memiliki nilai beban maksimum yang diijinkan 38,974 ton sedangkan dengan pengujian parameter sifat fisik tanah dan sifat mekanik tanah memiliki nilai 884,393 ton. Potensi penurunan tanah atau sedimen di dari uji lapangan dengan SPT adalah 0,61 cm. Dimensi pelabuhan yang direncanakan telah dihitung bahwa beban total yang terjadi pada pelabuhan adalah 0,741 ton/m2. Penurunan total lapisan tanah di bawah dasar pondasi berdasarkan input data hasil uji laboratorium adalah 2,07 cm. Lamanya penurunan untuk terjadi konsolidasi 90% selama 12,91 tahun. Kata kunci: Pelabuhan, Pondasi Tiang Pancang, Beban Maksimum yang diijinkan, Penurunan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QE Geology
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Geological Engineering
Faculty of Engineering > Department of Geological Engineering
ID Code:53296
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Apr 2017 14:28
Last Modified:26 Apr 2017 14:28

Repository Staff Only: item control page