SMALL GRUP DISCUSSION BERBASIS JEJARING SOSIAL: METODE PEMBELAJARAN ALTERNATIF BAGI MAHASISWA PROFESI NERS STASE KEPERAWATAN KOMUNITAS

Nurrahima, Artika (2017) SMALL GRUP DISCUSSION BERBASIS JEJARING SOSIAL: METODE PEMBELAJARAN ALTERNATIF BAGI MAHASISWA PROFESI NERS STASE KEPERAWATAN KOMUNITAS. PROSIDING Seminar Nasional & Lokakarya Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan:PENGUATAN SISTEM UJI KOMPETENSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROFESI TENAGA KESEHATAN UNTUK MEMPERKUAT DAYA SAING BANGSA DI ERA GLOBAL . pp. 61-71. ISSN 978-602-14422-7-2

[img]
Preview
PDF
877Kb

Abstract

Lahan praktik pembelajaran profesi ners stase keperawatan komunitas pada umumnya tidak berada di area sekitar kampus. Hal tersebut menjadi kendala bagi mahasiswa dalam melakukan bimbingan dengan pembimbing akademik. Mahasiswa tidak bisa setiap saat melakukan diskusi dengan pembimbing seperti pada tahap pembelajaran akademik. Metode pembelajaran alternatif yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu bisa menjadi salah satu alternatif solusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keuntungan, kendala dan harapan mahasiswa terhadap metode small grup discussion berbasis jejaring sosial. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh dari 10 informan yang menjadi anggota whatsapp group pembelajaran keperawatan komunitas. Data hasil wawancara tidak terstruktur dianalisa menggunakan metode colaizzi. Hasil penelitian meliputi 3 tema. Pertama, metode small grup discussion berbasis jejaring sosial merupakan media yang efektif dan efisien dalam proses pembelajaran profesi ners stase komunitas. Kedua, kendala yang dihadapi antara lain: mahasiswa tidak online secara bersamaan,gangguan sinyal, dan kuota data habis. Ketiga, harapan: whatsapp group dapat terus digunakan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran dengan menambah penggunaan voice note untuk mempermudah proses diskusi dan didahului dengan kontrak waktu dengan anggota whatsapp group pada saat diskusi online. Whatsapp group dapat menjadi metode alternatif pembelajaran yang efektif dan efisien bagi mahasiswa profesi ners, tidak hanya terbatas pada stase komunitas. Pembimbing akademik dapat menggunakan whatsapp group untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas proses bimbingan mahasiswa profesi ners tanpa terbatas jarak dan waktu.

Item Type:Article
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:53208
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Apr 2017 13:39
Last Modified:20 Apr 2017 13:39

Repository Staff Only: item control page