Kajian Kasus Hubungan Pola Asuhan Gizi dan Pengetahuan Gizi Ibu (Studi pada PSK di Kompleks Lokalisasi Tegalrejo,Kec. Bergas, Kab. Semarang, Jawa Tengah 2014)

Sophia, Dewi (2014) Kajian Kasus Hubungan Pola Asuhan Gizi dan Pengetahuan Gizi Ibu (Studi pada PSK di Kompleks Lokalisasi Tegalrejo,Kec. Bergas, Kab. Semarang, Jawa Tengah 2014). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
40Kb

Abstract

Salah satu masalah yang muncul dari Pekerja Seks Komersial (PSK) adalah pola asuhan gizi dan pengetahuan gizi yang berpengaruh pada sa atus gizi pada anak. Kekurangan gizi saat dalam kandungan dan selama 2 tahun pertama memunyai konsekuensi yang negatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis hubungan pola asuhan gizi,pengetahuan gizi ibu pekerja seksual komersial dengan status gizi pada anak baduta di Dusun Tegalrejo, Kec. Bergas, Kab. Semarang, Jawa Tengah tahun 2014. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam (indepth interview) yang dilakukan dengan 10 anak baduta yang bersangkutan dan dengan ibu atau pengasuh yang merawat anak tersebut. Data sekunder yang didapatkan adalah data kunjungan baduta pada bulan Januari-April 2014 dan data imunisasi. Untuk data antropometri diolah dengan WHO-Antro dan untuk data konsumsi gizi diolah den nutrisurvey. Hasil dari penelitian ini adalah sebanyak 4 baduta yang berstatus gizi baik, 2 baduta yang berstatus gizi lebih ,1 baduta yang berstatus gizi kurang dan sebanyak 3 baduta yang menderita status gizi buruk. Anak baduta dari kelompok status gizi buruk dan kurang tidak mendapatkan ASI dan kasih sayang seperti yang didapatkan pada baduta dengan status gizi baik dan lebih. Namun baduta dengan gizi lebih mendapatkan ASI yang berlebihan yaitu kurang lebih dua tahun dan terlalu dimanjakan terutama dalam makanan jajan. Faktor ini dipengaruhi oleh pengetahun gizi dari ibu tersebut, yang kemudian berpengaruh pada pola asuhan gizi. Saran dalam penelitian ini adalah perlunya kerjasama contohnya pemantauan langsung kepada ibu dari pelayanan kesehatan(posyandu, puskesmas dan bidan desa) agar terwujudnya anak baduta yang sehat Kata Kunci: Pola Asuhan Gizi, Pengetahuan Gizi Ibu, PSK, Baduta, Status Gizi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53203
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Apr 2017 11:35
Last Modified:20 Apr 2017 11:35

Repository Staff Only: item control page