HUBUNGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 24 BULAN (STUDI KUALITATIF DI WILAYAH KELURAHAN KARANGAYU SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG)

Lumbantobing, Katrin (2014) HUBUNGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 24 BULAN (STUDI KUALITATIF DI WILAYAH KELURAHAN KARANGAYU SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
32Kb

Abstract

MP-ASI merupakan transisi dari asupan berbasis susu menuju ke makanan yang semi padat. Pemberian MP-ASI yang terlalu dini akan mengakibatkan anak kurang gizi, sehingga dapat mempengaruhi perkembangan otak. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) dan status gizi dengan perkembangan anak usia 24 bulan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam, penggunaan kusioner untuk membantu menganalisa pemberian makanan pendamping ASI serta penggunaan stimulasi di lapangan untuk melihat perkembangan anak. Sebagai informan adalah ibu anak, orang terdekat anak, kader dan bagian kesehatan. Analisis data dengan cara transkrip, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan makanan yang sering diberikan pada anak yaitu pisang serut, biskuit, bubur, promina, susu formula, sayur. Alasan ibu memberikan makanan pendamping ASI sebelum usia 6 bulan yaitu ibu bekerja, anak menangis, menggiginkan anak cepat gemuk. Peran keluarga dan faktor ketergantungan terhadap orang tua yang masih sangat besar mendorong ibu untuk memberikan makanan pendamping ASI sebelum usia 6 bulan. Pemberian MP-ASI yang terlalu dini mengakibatkan gangguan pada pencernaan anak sehingga anak mengalami gizi buruk. Kurangnya frekuensi pemberian makanan pendamping ASI menyebabkan anak kurang gizi, sangat mempengaruhi perkembangan anak. Saran dalam penelitian ini petugas kesehatan lebih meningkatkan penyuluhan tentang pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) dan status gizi dengan perkembangan anak usia 24 bulan. Kata Kunci: MP-ASI, status gizi, perkembangan dan anak

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53194
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:19 Apr 2017 14:26
Last Modified:19 Apr 2017 14:26

Repository Staff Only: item control page