HUBUNGAN PENGETAHUAN PENJAJA PANGAN JAJANAN ANAK SEKOLAH DENGAN KEBERADAAN NITRIT DAN RHODAMIN B PADA PRODUK JAJANAN BERBAHAN DASAR DAGING (STUDI DI KOTA PURWOKERTO TAHUN 2013)

OKTAVIA, NURDIANA EKA (2014) HUBUNGAN PENGETAHUAN PENJAJA PANGAN JAJANAN ANAK SEKOLAH DENGAN KEBERADAAN NITRIT DAN RHODAMIN B PADA PRODUK JAJANAN BERBAHAN DASAR DAGING (STUDI DI KOTA PURWOKERTO TAHUN 2013). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Tingginya jumlah pangan jajanan anak sekolah (PJAS) tidak aman untuk dikonsumsi yaitu 23,82% yaitu karena salah satu penyebabnya adalah rendahnya pengetahuan produsen dan penjaja pangan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan penjaja PJAS dengan keberadaan nitrit dan rhodamin B pada produk jajanan berbahan dasar daging. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanantory research dengan pendekatan cross sectional study. sampel penelitian ini adalah penjaja PJAS dan produk berbahan dasar daging pada sekolah dasar di kota Purwokerto yaitu sebanyak 13 sampel. Analisa data menggunakan uji chi square atau fishers exact test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan 77% penjaja mempunyai pengetahuan kurang mengenai keamanan pangan. Tiga belas sampel yang diteliti di laboratorium menunjukkan 100% sampel mengandung nitrit namun masih dibawah batas maksimal yaitu 125 mg/kg bahan makanan dan sebanyak 39% sampel positif mengandung rhodamin B. Keberadaan nitrit dan Rhodamin B tidak berhubungan dengan pengetahuan (p=0,231) maupun dengan pendidikan penjaja (p=1,000) Kata Kunci: PJAS, Nitrit, Rhodamin B

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53165
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Apr 2017 14:49
Last Modified:18 Apr 2017 14:49

Repository Staff Only: item control page