KESEGARAN JASMANI PADA ANAK SEKOLAH DENGAN STATUS ANTROPOMETRI NORMAL, PENDEK-NORMAL DAN PENDEK-KURUS (Studi di SD Negeri Wangandalem Kabupaten Brebes)

LIDIYAWATI, RITA (2014) KESEGARAN JASMANI PADA ANAK SEKOLAH DENGAN STATUS ANTROPOMETRI NORMAL, PENDEK-NORMAL DAN PENDEK-KURUS (Studi di SD Negeri Wangandalem Kabupaten Brebes). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Status gizi kurang seperti anak pendek akan menghambat pertumbuhan otot skeletal yang mengakibatkan kapasitas kerja fisik tidak maksimal. Kekuatan dan ketahanan otot kurang dapat mempengaruhi kesegaran jasmani. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perbedaan kesegaran jasmani anak sekolah dengan status antropometri normal, pendek-normal dan pendek-kurus di SD Negeri Wangandalem Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Wangandalem kelas IV dan V. subjek diambil secara purposive sampling sejumlah 93 siswa (31 anak tiap kelompok) yang dibagi menjadi menjadi 3 kelompok berdasarkan status antropometri. Subjek dipilih berdasarkan kriteria inklusi yaitu bukan perokok aktif, bersedia menjadi responden, dan tidak anemia ditunjukkan dengan kadar hemoglobin saat pemeriksaan. Pengukuran tingkat kesegaran jasmani dilakukan dengan metode Harvard Step Test. Analisis data menggunakan One way anova dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menyebutkan bahwa anak sekolah dengan status antropometri normal mempunyai rerata skor kesegaran jasmani 68,9±7,9, kelompok pendek-kurus mempunyai rerata skor kesegaran jasmani sebesar 67,0±6,0 dan pada kelompok pendek-kurus mempunyai rerata skor kesegaran jasmani 59,57±5,6. Dari uji statistik didapatkan ada perbedaan tingkat kesegaran jasmani antara ketiga kelompok dengan (p=0,001). Tingkat kesegaran jasmani pada anak dengan status antropometri normal dan anak pendek-normal lebih baik dibandingkan dengan tingkat kesegaran jasmani anak pendek-kurus Kata Kunci: kesegaran jasmani, status antropometri normal, pendek-normal, pendek-kurus

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53149
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:18 Apr 2017 11:38
Last Modified:18 Apr 2017 11:38

Repository Staff Only: item control page