Keragaman Genetik Melalui Polimorfisme Protein Darah Ayam Kedu Jengger Merah Dan Jengger Hitam Di Satuan Kerja Non Ruminansia Temanggung. (Genetic Blood Protein Diversity Through Polymorphism of Red Comb and Black Comb Kedu Chicken at Satuan Kerja Non Ruminansia Temanggung)(Pembimbing

NUGROHO, Bagus Praditya Setyo and SUTOPO, Sutopo and KURNIANTO, Edy (2016) Keragaman Genetik Melalui Polimorfisme Protein Darah Ayam Kedu Jengger Merah Dan Jengger Hitam Di Satuan Kerja Non Ruminansia Temanggung. (Genetic Blood Protein Diversity Through Polymorphism of Red Comb and Black Comb Kedu Chicken at Satuan Kerja Non Ruminansia Temanggung)(Pembimbing. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
571Kb
[img]
Preview
PDF
88Kb
[img]
Preview
PDF
103Kb
[img]
Preview
PDF
369Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

189Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

618Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1385Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman protein darah pada ayam Kedu generasi G0 jengger merah dan jengger hitam di Satuan Kerja Non Ruminansia Maron, Temanggung. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2015 – Maret 2016 bertempat di Satuan Kerja Non Ruminansia Maron, Temanggung. Sampel dianalisis di Laboratorium Biokimia Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada bulan Februari 2016. Materi penelitian adalah ayam Kedu jengger merah dan jengger hitam. Metode yang digunakan adalah observasional pada hasil elektroforesis PAGE (Polyacrylamid Gel Electrophoresis). Mengamati lokus pre albumin, albumin, ceruloplasmin, transferin, post transferin, amylase-I dan menghitung frekuensi gen setiap lokus. Perhitungan nilai ragam genetik dihitung dengan rumus heterozigositas individu dan rataan heterozigositas. Jarak genetik diukur dengan menggunakan DISPAN dan MEGA 6.06. Nilai keseimbangan Hardy-Weinberg dihitung dengan chi-square (X2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ayam Kedu jengger merah dan jengger hitam memiliki sifat polimorfik pada 6 lokus yang diamati. Nilai heterozigositas individual tertinggi terdapat pada ayam Kedu jengger hitam (0,500). Rataan heterozigositas menunjukkan bahwa ayam kedu jengger hitam lebih tinggi dari pada ayam Kedu jengger merah. Hasil perhitungan chi-square menunjukkan bahwa semua lokus pada setiap jengger berada dalam keseimbangan Hardy Weinberg kecuali pre albumin pada ayam Kedu jengger merah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:53147
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Apr 2017 11:40
Last Modified:18 Apr 2017 11:40

Repository Staff Only: item control page