HUBUNGAN TINGKAT KOMPETENSI MANAJEMEN LAKTASI DENGAN KEBERHASILAN PEMBERIAN AIR SUSU IBU (ASI)EKSKLUSIF TAHUN 2014 (STUDI PADA IBU MENYUSUI YANG MEMILIKI BAYI USIA 7-12 BULAN)

SULISTYOWATI, ETIK (2014) HUBUNGAN TINGKAT KOMPETENSI MANAJEMEN LAKTASI DENGAN KEBERHASILAN PEMBERIAN AIR SUSU IBU (ASI)EKSKLUSIF TAHUN 2014 (STUDI PADA IBU MENYUSUI YANG MEMILIKI BAYI USIA 7-12 BULAN). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Tingkat kompetensi ibu menyusui baik pengetahuan, sikap maupun keterampilan perlu diperhatikan sebagai faktor untuk pencapaian target pemberian ASI eksklusif. Adanya keberhasilan pemberian ASI perlu ditunjang oleh manajemen laktasi yang baik sejak masa kehamilan dan teknik pemberian ASI yang benar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kompetensi ibu menyusui tentang manajemen laktasi dengan keberhasilan pemberian ASI eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Kajoran I Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. Desain penelitian menggunakan cross sectional. Populasi adalah semua ibu menyusui yang memiliki bayi usia 7-12 bulan sebanyak 241 ibu menyusui dan sampel sebanyak 71 ibu menyusui diambil menggunakan metode accidental sampling . Hasil penelitian sebagian besar sampel memiliki pengetahuan baik (67,6%), sikap positif (52,1%), keterampilan tinggi (50,7%), dan kompetensi tinggi (50,7%) serta sebagian besar responden berhasil memberikan ASI eksklusif (52,1%). Berdasarkan uji Chi Square didapatkan ada hubungan kompetensi (pengetahuan, sikap dan keterampilan) dengan keberhasilan pemberian ASI eksklusif dengan nilai masing-masing p < 0,05. Kompetensi ibu menyusui yang masih rendah (< median 57,00) dalam penelitian ini adalah pada posisi menyusui yang benar dan diusahakan mengolesi ASI di sekitar payudara dan puting baik sebelum atau sesudah menyusui Kata Kunci: Kompetensi, Manajemen laktasi, ASI eksklusif

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53146
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Apr 2017 11:28
Last Modified:18 Apr 2017 11:28

Repository Staff Only: item control page