PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PELAPORAN RAWAT JALAN (Studi Kasus di Sub Bagian Rekam Medis RSUD Muntilan Kabupaten Magelang)

KUSUMA, LUCKE PRISMADIA (2014) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PELAPORAN RAWAT JALAN (Studi Kasus di Sub Bagian Rekam Medis RSUD Muntilan Kabupaten Magelang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Rawat jalan adalah pelayanan pasien untuk observasi, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi medik dan pelayanan kesehatan lainnya tanpa menginap di rumah sakit. Organisasi di rumah sakit yang bertugas menyelenggarakan pencatatan dan pelaporan adalah rekam medis. Rekam medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain kepada pasien pada sarana pelayanan kesehatan. Berdasarkan studi pendahuluan pada pelaporan rawat jalan yang saat ini berjalan masih terdapat beberapa permasalahan yaitu tidak terintegrasinya sistem informasi yang digunakan dalam kegiatan pelaporan dengan sistem informasi billing yang digunakan untuk proses pendaftaran pasien di TPPRJ (Tempat Penerimaan Pasien Rawat Jalan). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem informasi pelaporan rawat jalan yang terintegrasi dengan sistem informasi billing di TPPRJ (Tempat Penerimaan Pasien Rawat Jalan). Pengembangan sistem informasi dilakukan berdasarkan tahapan kerja FAST (Framework for the Application of System Techniques) dan dilakukan evaluasi sistem informasi dengan TAM (Technology Acceptance Model). Desain penelitian ini menggunakan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah 5 orang petugas pelaporan rawat jalan, Kepala Sub Bagian Rekam Medis, dan Kepala Instalasi SIM-RS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) RSUD Muntilan Kabupaten Magelang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari basis data dan persepsi TAM. Hasil observasi dan wawancara dilakukan dengan metode analisis isi dan analisis deskriptif dengan menggunakan rata-rata tertimbang. Hasil analisis data secara deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata tertimbang evaluasi sistem informasi sesudah pengembangan lebih besar daripada sebelum pengembangan. Sistem informasi pelaporan rawat jalan yang dikembangkan dapat terintegrasi dengan sistem informasi billing di TPPRJ namun perlu dikembangkan pada pelaporan rawat inap dan gawat darurat agar dapat memudahkan petugas pelaporan dalam kegiatan pelaporan Kata Kunci: sistem informasi, pelaporan rawat jalan, Technology Acceptance Model

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53126
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:18 Apr 2017 09:30
Last Modified:18 Apr 2017 09:30

Repository Staff Only: item control page