ANALISIS PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN DATA KUNJUNGAN PASIEN UNTUK MENUNJANG MUTU PELAYANAN DI PUSKESMAS SUMOWONO KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG

HENDARTI, HENDARTI (2014) ANALISIS PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN DATA KUNJUNGAN PASIEN UNTUK MENUNJANG MUTU PELAYANAN DI PUSKESMAS SUMOWONO KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) bertujuan untuk kualitas pelayanan dan memperbaiki pengumpulan data di Puskesmas guna laporan ke Dinas Kesehatan Kabupaten. Berdasarkan studi pendahuluan di Puskesmas Sumowono tentang pengelolaan dan pemanfaatan data kunjungan pasien. Dapat diketahui pengelolaan dan pemanfaatan data dikelola secara manual sehingga membutuhkan waktu lama dalam pencarian data pasien sehingga pelayanan lama, pencatatan tidak lengkap dan redudansi data. Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis pengelolaan dan pemanfaatan data kunjungan pasien di Puskesmas Sumowono Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan pedoman wawancara mendalam dan lembar observasi (checklist). Objek penelitiannya adalah proses kegiatan pengelolaan data, pemanfaatan data, dan catatan berupa form (blanko) serta laporan kunjungan pasien. Subjek penelitiannya adalah sejumlah 13 informan utama petugas puskesmas dan 2 informan triangulasi. Analisis data meliputi analisis deskriptif untuk data observasi dan content analysis untuk data wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengelolaan data kunjungan pasien masih ditemukan pengumpulan data dengan kelengkapan data 63.63%, pengelolaan tanpa pengecekan ulang, penyajian dalam bentuk tabel dan grafik, analisis data sederhana dan belum semuanya terarsip, serta pelaporan dengan ketepatan waktu 9.09%, kelengkapan data 100.00% dan keakurasian data 27.27%. Pemanfaatan data dilakukan dalam bentuk laporan, profil puskesmas dan desiminasi lintas sektor (PLKB, UPTD, BKKBN) namun tidak secara rutin. Saran dari penelitian ini adalah pelatihan pengelolaan berbasis komputer, membuat Job Description dan SOP sebagai petunjuk tertulis untuk mekanisme pelaksanaan pengelolaan dan pemanfaatan data kunjungan pasien sehingga digunakan secara maksimal Kata Kunci: Kunjungan Pasien Puskesmas, Pengelolaan dan Pemanfaatan Data, Mutu Pelayanan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53125
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Apr 2017 09:18
Last Modified:18 Apr 2017 09:18

Repository Staff Only: item control page