KUALITAS DATA REKAM MEDIS PASIEN RAWAT INAP BERDASARKAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PETUGAS ADMINISTRASI RUANGAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. LOEKMONO HADI KABUPATEN KUDUS

HERMADHA, DIN ADLINA (2015) KUALITAS DATA REKAM MEDIS PASIEN RAWAT INAP BERDASARKAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PETUGAS ADMINISTRASI RUANGAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. LOEKMONO HADI KABUPATEN KUDUS. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Data dengan kelengkapan, ketepatan waktu, dan keakurasian yang baik merupakan syarat untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah meggambarkan hubungan beberapa faktor kinerja petugas administrasi ruangan terhadap kualitas data rekam medis pasien rawat inap di RSUD dr. Loekmono Hadi Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitik. Populasi penelitian ini yaitu berkas rekam medis yang dikerjakan 15 petugas selama 15 hari dari tanggal 1 sampai 15 Mei sejumlah 837 berkas dan sampel yang dipilih secara proporsional random sampling sejumlah 97 berkas rekam medis. Hasil analisis univariat menunjukkan persentase kelengkapan data rekam medis (61,31%), persentase ketepatan waktu pengumpulan berkas (81%), dan persentase keakuratan data rekam medis (60,56%). Berdasarkan lembar rekam medis yang dikerjakan oleh petugas, lembar dengan kelengkapan dan keakuratan tertinggi yaitu lembar data pelayanan (86,25%) dan pengembalian rekam medis dengan ketepatan waktu terburuk dilakukan oleh petugas dari ruang Bougenvil 2. Berdasarkan analisis bivariat menggunakan uji statistik Korelasi Rank Spearman, menunjukkan bahwa ada hubungan antara umur petugas administrasi ruangan dengan kualitas data rekam medis pasien dengan kekuatan rendah (pvalue 0,021, ρ = 0,234) dan ada hubungan antara beban kerja petugas administrasi ruangan dengan kualitas data rekam medis pasien dengan kekuatan rendah (pvalue 0,040, ρ = -0,209). Variabel yang tidak berhubungan dengan kualitas data rekam medis yaitu pendidikan (pvalue 0,053), masa kerja (pvalue 0,090), persepsi (pvalue 0,623), pengetahuan (pvalue 0,596), motivasi kerja (pvalue 0,469), dan supervisi (pvalue 0,232). Saran bagi kepala ruangan yaitu memperhatikan beban kerja petugas misalnya dengan memberi penghargaan sebagai motivasi. Saran untuk petugas administrasi ruangan agar dapat mengontrol beban kerja agar kualitas data menjadi lebih baik Kata Kunci: Kualitas data, Rekam medis pasien, Petugas administrasi ruangan, Faktor Kinerja

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53106
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:17 Apr 2017 14:24
Last Modified:17 Apr 2017 14:24

Repository Staff Only: item control page