PENGETAHUAN,SIKAP, DAN PRAKTIK DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS REMBANG 2 DAN PUSKESMAS SARANG (STUDI KUALITATIF PADA IBU MENYUSUI DENGAN USIA BAYI 0-6 BULAN TAHUN 2015)

QOMARIYAH, NIKMATUL (2015) PENGETAHUAN,SIKAP, DAN PRAKTIK DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS REMBANG 2 DAN PUSKESMAS SARANG (STUDI KUALITATIF PADA IBU MENYUSUI DENGAN USIA BAYI 0-6 BULAN TAHUN 2015). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Pemberian ASI eksklusif berarti bayi hanya diberi ASI sejak lahir sampai usia enam bulan, tanpa tambahan cairan / makanan lain. Puskesmas yang memiliki persentase ASI eksklusif tertinggi pada tahun 2013 adalah Puskesmas Rembang 2 sebesar 87,27 % yang merupakan daerah pertanian. Puskesmas yang memiliki persentase ASI eksklusif terendah pada tahun 2013 adalah Puskesmas Sarang sebesar 12,65 % yang merupakan daerah pesisir.Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai pengetahuan, sikap, dan praktik dalam pemberian ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Rembang 2 dan Puskesmas Sarang tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Informan utama dalam penelitian ini adalah 6 ibu menyusui di wilayah kerja Puskesmas Rembang 2 dan 6 ibu menyusui di wilayah kerja Puskesmas Sarang yang memiliki bayi dengan usia 0-6 bulan. Informan triangulasi dalam penelitian in iadalah 4 orang yang terdiri dari 2 orang keluarga dan 2 orang tenaga kesehatan yang berada di wilayah kerja Puskesmas Rembang 2 maupun di Puskesmas Sarang. Hasi lpenelitian menunjukkan bahwa di wilayah kerja Puskesmas Rembang 2 sebagian besar informan memberikan ASI eksklusif karena menganggap bahwa ASI penting untuk kecerdasan otak, kekebalan tubuh, menambah ikatan kasih saying ibu dan anak, tidak memberatkan fungsi pencernaan, dan mudah diberikan. Namun, di wilayah kerja Puskesmas Sarang sebagian besar informan tidak memberikan ASI eksklusif karena informan menganggap ASI saja masih kurang, bayi sering menangis, dan susah tidur. Disarankan perlunya penyuluhan tentang ASI eksklusif dan perawatan payudara kepada calon ibu dan pihak keluarga sehingga peningkatan ASI eksklusif akan tercapai Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, dan Praktik, ASI Eksklusif, Kabupaten Rembang

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53092
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Apr 2017 11:49
Last Modified:17 Apr 2017 11:49

Repository Staff Only: item control page