HUBUNGAN PENGGUNAAN BUKU KESEHATAN IBU DAN ANAK DENGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK SEHAT IBU HAMIL (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Gunungpati, Semarang)

DARYANTI, INTAN (2015) HUBUNGAN PENGGUNAAN BUKU KESEHATAN IBU DAN ANAK DENGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK SEHAT IBU HAMIL (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Gunungpati, Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Data cakupan kepemilikan buku KIA di Puskesmas Gunungpati yaitu 98 persen,namun kasus kematian ibu termasuk ke dalam dua terbesar kasus kematian di Semarang.Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan penggunaan buku KIA dengan pengetahuan, sikap, dan praktik sehat ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Gunungpati.Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research dengan rancangan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil (usia kehamilan > 3 bulan) dalam wilayah kerja 4 bidan yang terdapat jumlah pasien terbanyak sejumlah 246 orang dan subjek penelitian yang dipilih secara clustered random sampling sejumlah 70 orang. Analisis data menggunakan uji Chi Square dengan α 5%. Hasil penelitian menunjukkan persentase lebih banyak pada pengetahuan ibu hamil dengan kategori kurang (55,7%), sikap ibu hamil dengan kategori baik (70,0%), praktik sehat ibu hamil dengan kategori baik (64,3%), penggunaan buku KIA dengan kategori baik (58,7%) dan informasi media lainnya dengan kategori baik (70,0%). Tidak ada hubungan penggunaan buku KIA dengan pengetahuan (p=0,565), sikap (0,069) dan praktik (p=0,469. Disimpulkan bahwa buku kesehatan ibu dan anak tidak berhubungan dengan pengetahuan, sikap dan praktik sehat ibu hamil.Disarankan agar menggunakan buku kesehatan ibu dan anak yang terbaru Kata Kunci: praktik, sikap, pengetahuan, penggunaan buku KIA

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53089
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Apr 2017 11:39
Last Modified:17 Apr 2017 11:39

Repository Staff Only: item control page