HUBUNGAN BODY IMAGE DENGAN PERILAKU DIET DAN STATUS GIZI PADA MAHASISWI TAHUN 2015 (STUDI KASUS PADA MAHASISWI DI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO)

AMALIAH, RABIATUL (2015) HUBUNGAN BODY IMAGE DENGAN PERILAKU DIET DAN STATUS GIZI PADA MAHASISWI TAHUN 2015 (STUDI KASUS PADA MAHASISWI DI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
47Kb

Abstract

Body image merupakan suatu hal yang penting,karena pada masa remaja seseorang banyak mengalami perubahan, baik secara fisik maupun psikis. Perubahan yang pesat ini menimbulkan respon tersendiri bagi remaja berupa tingkah laku yang sangat memperhatikan perubahan bentuk tubuhnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi body image dengan perilaku diet dan status gizi pada mahasiswi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Jenis penelitian yang digunakan survei dengan pendekatan crossectional. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswi angkatan 2014 yang berusia 18-19 tahun. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan wawancara menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 76,8% mahasiswi memliki persepsi body image positif,58.6% mahasiswi melakukan perilaku diet ketat, 53.5% memiliki aktivitas fisik yang ringan. Sebanyak 61,6% mahasiswi mengalami status gizi baik. Hasil uji statistik menunjukkan terdapat hubungan persepsi body image dengan perilaku diet (p = 0,010 dan koefisien korelasi (ρ) = 0.256), serta terdapat hubungan antara body image dengan aktivitas fisik. Penelitian ini merekomendasikan agar responden yang memiliki body image positif agar dikembangkan karena bermanfaat pada perkembangan kepribadian yang positif dan melakukan diet yang sehat serta mengatur jenis makanan yang akan dikonsumsi Kata Kunci: Body Image, Perilaku Diet , Mahasiswi, Status Gizi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53083
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Apr 2017 10:57
Last Modified:17 Apr 2017 10:57

Repository Staff Only: item control page