FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN METODE KONTRASEPSI HORMONAL PADA WANITA PUS MUDA (STUDI PADA AKSEPTOR KB AKTIF DI DESA DUREN KABUPATEN NGANJUK)

FEBRIANI, TIYA (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN METODE KONTRASEPSI HORMONAL PADA WANITA PUS MUDA (STUDI PADA AKSEPTOR KB AKTIF DI DESA DUREN KABUPATEN NGANJUK). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Penggunaan kontrasepsi merupakan salah satu upaya untuk menekan laju pertumbuhan penduduk. Metode kontrasepsi hormonal merupakan alat kontrasepsi yang sering digunakan. Berdasarkan data PLKB Kecamatan Sawahan angka pemakaian kontrasepsi di Desa Duren 80,44% dengan penggunaan kontrasepsi hormonal sebanyak 61,26%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan penggunaan metode kontrasepsi hormonal pada wanita PUS muda di Desa Duren. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan disain Cross Sectional Study. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita PUS muda akseptor KB aktif sebanyak 260 orang, sampel diambil secara Purposiv Sampling yang berjumlah 50 orang. Hasil uji Chi Square menunjukkan ada dua variabel yang mempunyai hubungan yang bermakna yaitu dukungan tetangga terdekat (p=0,001), dan jumlah anak atau paritas (p=0,006) dengan penggunaan alat kontrasepsi hormonal dan tidak ada hubungan yang bermakna antara dukungan suami (p=0,063), ketersediaan pelayanan KB (p=0,753) dan biaya metode kontrasepsi (p=0,220) dengan penggunaan alat kontrasepsi hormonal. Saran yang diberikan adalah bidan desa bekerja sama dengan kader dan juga perwakilan tetangga akseptor KB memberikan penyuluhan dengan cara memberikan testimoni tentang penggunaan metode kontrasepsi yang mereka gunakan. Penyuluhan dilakukan saat acara posyandu atau saat acara rutin desa Kata Kunci: Akseptor KB, Wanita PUS Muda, Kontrasepsi Hormonal

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53079
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Apr 2017 10:39
Last Modified:17 Apr 2017 10:39

Repository Staff Only: item control page