HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG ASI EKSKLUSIF PADA CALON PENGANTIN (STUDI DI WILAYAH KERJA KUA KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON)

NIATY, TINNA (2015) HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG ASI EKSKLUSIF PADA CALON PENGANTIN (STUDI DI WILAYAH KERJA KUA KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Informasi sejak dini kepada calon ibu terutama pada calon pengantin tentang ASI ekslusif perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan yang cukup, dengan adanya informasi tersebut akan menumbuhkan sikap dalam pemberian ASI eksklusif ketika mempunyai anak kelak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan pengetahuan dengan sikap ASI eksklusif pada calon pengantin. Penelitian menggunakan obeservasional dengan rancangan cross sectional desaign. Populasi sebanyak 60 responden menggunakan purposive sampling kemudian jumlah sampel yang digunakan sebanyak 42 responden dihitung dengan rumus besar sampel. Data dalam penelitian ini berdistribusi tidak normal sehingga pengujiannya menggunakan rank spearman test. Di peroleh nilai koefisien korelasi (ρ) 0.435 maka dapat diinterpretasikan memiliki kekuatan korelasi sedang dengan arah korelasi positif menunjukkan hubungan antara pengetahuan dengan sikap tentang ASI eksklusif dengan nilai p value = 0,004, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan pengetahuan dengan sikap tentang ASI eksklusif pada calon pengantin di wilayah kerja KUA Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Disarankan kepada KUA Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon untuk memberikan pembekalan pra nikah seputar kesehatan khususnya tentang pentingnya ASI eksklusif kepada calon pengantin Kata Kunci: Kata Kunci : ASI Eksklusif, Pengetahuan dengan Sikap, Calon Pengantin

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53077
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Apr 2017 10:29
Last Modified:17 Apr 2017 10:29

Repository Staff Only: item control page