PENGARUH PEMBERIAN INFORMASI KESEHATAN REPRODUKSI TERHADAP PENGETAHUAN KEHAMILAN USIA DINI PADA REMAJA BULAN APRIL-JUNI 2015 (Stusi di SMA Swasta "X" Kabupaten Pemalang)

NINGSIH, TRI (2015) PENGARUH PEMBERIAN INFORMASI KESEHATAN REPRODUKSI TERHADAP PENGETAHUAN KEHAMILAN USIA DINI PADA REMAJA BULAN APRIL-JUNI 2015 (Stusi di SMA Swasta "X" Kabupaten Pemalang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
46Kb

Abstract

Berdasarkan data SDKI 2012 bahwa selama periode tahun 2007 sampai 2012 terjadi peningkatan kasus remaja yang pernah melakukan hubungan seksual sebanyak 2,3%. Menurut PKBI Jateng tahun 2011 remaja yang hamil pranikah mencapai 79 (9%) dan tahun 2012 mencapai 85 (21%). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Pengaruh Pemberian Informasi Kesehatan Reproduksi Terhadap Pengetahuan Kehamilan Usia Dini Pada remaja di SMA Swasta “X” Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Explanatory research dengan pendekatan pre experiment design dengan rancangan penelitian One group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI sejumlah 129 siswa dan sampel yang dipilih dengan teknik proportional random sampling didapat 54 siswa. Sebelum pemberian informasi dilakukan pretest. Pemberian informasi menggunakan power point dengan metode diskusi interaktif selama 120 menit. Sesudah pemberian informasi dilakukan posttest. Analisis data meliputi analisis univariat dan bivariat (deskriptif dan analitik) dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test, dan taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan sebelum pemberian informasi semua responden berpengetahuan kurang (100%), presentase responden mengalami peningkatan sesudah pemberian informasi (14,8%) mempunyai tingkat pengetahuan baik. Hasil analisa data didapatkan nilai (p=0,001) sehingga ada pengaruh pemberian informasi kesehatan reproduksi sebelum dan sesudah diberikan dengan pengetahuan kehamilan usia dini pada remaja di SMA Swata “X” Kabupaten Pemalang. Saran bagi sekolah perlu membentuk PIK KRR sebagai wadah untuk menambah informasi tentang kesehan reproduksi terutama mengenai konsep kehamilan, usia ideal untuk hamil dan melahirkan serta risiko kehamilan usia dini pada remaja Kata Kunci: Pemberian informasi, Pengetahuan, Kehamilan Usia Dini

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53073
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:17 Apr 2017 10:12
Last Modified:17 Apr 2017 10:12

Repository Staff Only: item control page