GAMBARAN PERAN IBU TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK HIPOTIROID (STUDI KASUS DI KLINIK PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN GAKI MAGELANG TAHUN 2015)

ASTUTI, BETA DWI (2015) GAMBARAN PERAN IBU TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK HIPOTIROID (STUDI KASUS DI KLINIK PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN GAKI MAGELANG TAHUN 2015). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Salah satu manifestasi Gangguan Akibat Kekurangan Iodium pada anak adalah hipotiroid yang disertai gangguan perkembangan fisik dan mental. Salah satu manifestasi gangguan perkembangan tersebut adalah keterlambatan motorik kasar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran ibu dalam melakukan stimulasi di rumah, terhadap perkembangan motorik kasar anak dengan riwayat hipotiroid di klinik penelitian dan pengembangan GAKI Magelang. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif eksploratif. Subyek penelitian adalah 9 ibu dari anak yang mengalami keterlambatan motorik kasar di sertai riwayat hipotiroid yang berkunjung di klinik litbang GAKI Magelang tahun 2010 – 2014. Data riwayat perkembangan motorik kasar anak diperoleh dari data sekunder, observasi dan wawancara ibu, serta pengukuran dengan Denver Development Screening Test II. Data pengetahuan ibu tentang perkembangan anak, sikap ibu menghadapi keterlambatan perkembangan anak, serta perilaku stimulasi ibu di rumah, diperoleh melalui wawancara dan observasi. Riwayat hipotiroid anak diperoleh dari data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum mendapat intervensi dari klinik litbang GAKI Magelang semua anak dalam penelitian ini belum mampu berjalan. Selama proses intervensi, semua anak menunjukan perbaikan kemampuan motorik kasar. Anak-anak yang ibunya tidak aktif melakukan stimulasi di rumah selama proses intervensi dari klinik Litbang GAKI Magelang, membutuhkan waktu lebih lama untuk perubahan satu tahap perkembangan motorik kasar dibandingkan anak yang ibunya secara aktif melakukan stimulasi saat dirumah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa intervensi yang dilakukan secara lebih dini, disertai peran aktif ibu dalam memberikan stimulasi motorik kasar saat di rumah mampu meningkatkan efektifitas terapi. Hasil penelitian ini bisa menjadi bahan penyuluhan tentang pentingnya peran ibu terhadap perkembangan motorik kasar anak Kata Kunci: Perkembangan Motorik Kasar, Stimulasi, Hipotiroid

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53071
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:17 Apr 2017 10:05
Last Modified:17 Apr 2017 10:05

Repository Staff Only: item control page