PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN RERODUKSI TERHADAP PENGETAHUAN DAN PREFERENSI REMAJA TERKAIT PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2015 (STUDI DI SMA SEDES SAPIENTIAE JAMBU)

EKAYANTI, NATALIA DESY (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN RERODUKSI TERHADAP PENGETAHUAN DAN PREFERENSI REMAJA TERKAIT PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2015 (STUDI DI SMA SEDES SAPIENTIAE JAMBU). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Median usia kawin pertama di Kabupaten Semarang mencapai 21,54 tahun pada tahun 2007. Pada tahun 2014, masih ada 1.913 wanita menikah pada kisaran usia 15-19 tahun dan sebanyak 6.412 laki-laki menikah pada kisaran usia 15-24 tahun. Usia kawin pertama berkaitan dengan awal wanita melakukan hubungan seksual dan berisiko hamil. Semakin muda usia kawin pertama, maka semakin panjang waktu untuk hamil dan memiliki anak. Oleh sebab itu, anjuran untuk menikah dalam program Pendewasaan Usia Perkawinan yaitu 20 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan preferensi remaja tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan kesehatan reproduksi. Lokasi penelitian yaitu SMA Sedes Sapientiae Jambu, Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan desain pra eksperimen one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian sebanyak 275 dengan 36 diantaranya menjadi sampel penelitian berdasarkan purposive sampling. Subyek diberikan kuesioner pretest dilanjutkan dengan penyuluhan dan kemudian diberikan kuesioner posttest lima hari setelahnya. Analisis data dilakukan dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pengetahuan responden tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sebelum dan sesudah penyuluhan (p=0,000), tidak ada perbedaan preferensi responden tentang usia menikah sebelum dan sesudah penyuluhan (p=502), tidak ada perbedaan preferensi responden terhadap jumlah anak (p=0,564). Pendidikan kesehatan reproduksi berpengaruh terhadap pengetahuan remaja terkait Pendewasaan Usia Perkawinan. Terjadi peningkatan skor median pengetahuan dari 21,00 menjadi 23,00 Kata Kunci: Pendewasaan Usia Perkawinan, preferensi, penyuluhan, kesehatan reproduksi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53067
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:17 Apr 2017 09:22
Last Modified:17 Apr 2017 09:22

Repository Staff Only: item control page