ANALISIS POSTUR KERJA DENGAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESMENT (RULA) PADA PEKERJA KULI ANGKUT BERAS DI PENGGILINGAN PADI “RA” KEC. SUMBERREJO KAB. BOJONEGORO

WAHYUTAMA, AHMAD RIZA (2015) ANALISIS POSTUR KERJA DENGAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESMENT (RULA) PADA PEKERJA KULI ANGKUT BERAS DI PENGGILINGAN PADI “RA” KEC. SUMBERREJO KAB. BOJONEGORO. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
45Kb

Abstract

Pekerjaan Manual Material Handling seperti mengangkat, menurunkan, dan memindahkan beban yang dapat mengakibatkan terjadinya cedera misalnya Muscolosceletal disorder (MSDs). Postur kerja yang kurang benar dapat menyebabkan MSDs jika tidak segera dilakukan perubahan postur kerja.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis postur kerja pada pekerja kuli angkut dengan metode rula dan keluhan yang dialami akibat kerja. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik observasi langsung terhadap postur kerja dan menggunakan metode pengukuran Rapid Upper Limb Assesment (RULA).Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 5 (lima) responden. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu rula untuk mengetahui skor risiko sikap atau postur kerja, Nordic Body Map untuk mengetahui gangguan atau cidera otot skeletal, dan kuisioner untuk mengetahui informasi mendalam tentang gangguan muskoloskeletal. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan observasi lapangan, foto atau gambar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa postur kerja pekerja saat mengangkat dan mengangkut, lima responden memiliki level risiko 4 yang berarti harus segera dilakukan perubahan postur kerja secepat mungkin. Saran bagi responden adalah menggunakan alat bantu angkat angkut saat melakukan aktivitas kerja. Kata Kunci: Manual Material Handling, Postur Kerja, Rapid Upper Limb Assesment (RULA)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53000
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Apr 2017 14:04
Last Modified:12 Apr 2017 14:04

Repository Staff Only: item control page