SIAGIAN, Gary Yefta Herbeth and ROESSALI, Wiludjeng and AGUSTINI, Tri Winarni (2017) SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BANDENG DURI LUNAK DI TOKO BANDENG JUWANA KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.
| PDF 1241Kb | |
| PDF 114Kb | |
| PDF 363Kb | |
| PDF 473Kb | |
PDF Restricted to Registered users only 525Kb | ||
PDF Restricted to Registered users only 3570Kb | ||
PDF Restricted to Registered users only 5Mb |
Abstract
Toko Bandeng Juwana (TBJ) adalah salah satu toko pusat oleh-oleh makanan khas Semarang. Permintaan akan produk olahan seperti bandeng duri lunak paling tinggi dibandingkan dengan produk olahan bandeng lainnya toko ini. Sikap (attitude) konsumen adalah faktor penting yang akan mempengaruhi keputusan konsumen pembelian bandeng duri lunak. Konsep sikap sangat terkait dengan konsep kepercayaan (belief) dan perilaku (behavior). Tujuan dari penelitian ini adalah (1).menganalisis sikap konsumen terhadap atribut bandeng duri lunak, (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian bandeng duri lunak, (3) tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut bandeng duri lunak di Toko Bandeng Juwana Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan kuota sampling dengan metode survei, pengambilan sampel ditentukan secara purposive dengan jumlah sampelsebanyak 100 responden. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan menggunakan kuisioner. Pengolahan data Fishbein, MIPA, dan CSI menggunakan microsoft excel versi 2007, sedangkan untuk regresi linier berganda menggunakan program SPSS 16. Hasil Penelitian menunjukkan konsumen memiliki sikap positif terhadap atribut bandeng duri lunak dengan nilai skor 19,52. Untuk atribut harga, konsumen menilai sangat positif. Sedangkan untuk atribut lainnya seperti kualitas, tampilan, ketersediaan (stock), keamanan pangan dan kemasan, konsumen menilai positif. Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap pembelian bandeng duri lunak yaitu : pekerjaan, pendidikan dan pendapatan, untuk faktor jenis kelamin usia, dan lokasi tidak berpengaruh secara signifikan. Untuk faktor lainnya, konsumen setuju berbelanja di TBJ sangat nyaman sebesar 72%, konsumen tidak setuju akan promosi yang ada di TBJ sebesar 60%. Walaupun ada persaingan antar toko, konsumen tetap membeli di TBJ sebesar 61%, pelayanan toko di TBJ sangat baik, konsumen setuju sebesar 71%, dan pengiriman produk dengan baik, konsumen setuju sebesar 57%. Pada tingkat kepuasan konsumen bandeng duri lunak di TBJ yaitu konsumen merasa puas sebesar 0,72. untuk tingkat kepentingan atribut yaitu pada kuadran I, konsumen menilai keamanan pangan masuk kedalam kriteria prioritas utama, Pada kuadran II, konsumen menilai harga masuk kedalam kriteria pertahankan prestasi. Untuk kuadran III, konsumen menilai ketersediaan (stock), kemasan dan kualitas sebesar masuk ke dalam kriteria prioritas rendah. dan untuk kuadran IV, konsumen menilai tampilan masuk kedalam kriteria kuadran berlebihan. viii SUMMARY
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness |
ID Code: | 52995 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 12 Apr 2017 11:43 |
Last Modified: | 12 Apr 2017 11:43 |
Repository Staff Only: item control page