Pengaruh Penambahan Serbuk Gergaji pada Feses Sapi Potong terhadap Total Produksi Gas, Bakteri Anaerob, dan Laju Produksi Gas Pada Digester Gas Bio selama 28 Hari (The Effect of Sawdust Addition in Beef Cattle Faeces on the Total Gas Production, The Number of Anaerobic Bacteria, and Gas Production Rate in Biogas Digesters During 28 Days)

NUGROHO, Ika Anto and NURWANTORO, Nurwantoro and PURBOWATI, Endang (2011) Pengaruh Penambahan Serbuk Gergaji pada Feses Sapi Potong terhadap Total Produksi Gas, Bakteri Anaerob, dan Laju Produksi Gas Pada Digester Gas Bio selama 28 Hari (The Effect of Sawdust Addition in Beef Cattle Faeces on the Total Gas Production, The Number of Anaerobic Bacteria, and Gas Production Rate in Biogas Digesters During 28 Days). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
208Kb
[img]
Preview
PDF
10Kb
[img]
Preview
PDF
140Kb
[img]
Preview
PDF
150Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

160Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

435Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1074Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui total produksi gas bio, jumlah bakteri anaerob, dan laju produksi gas bio dengan penambahan serbuk gergaji pada bahan baku feses sapi potong. Penelitian telah dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2010 sampai 14 Juni 2011 di Mess Kandang Ternak Perah Laboratorium Ilmu Ternak Perah, Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro Semarang. Materi penelitian berupa feses segar dari sapi Jawa jantan sebagai bahan utama pembuatan gas bio, serbuk gergaji sebagai bahan tambahan, dan air sebagai pencair bahan isian digester. Peralatan yang digunakan yaitu seperangkat alat digester, pH meter, termometer, timbangan elektrik, alumunium foil, ember, pengaduk, gelas ukur dan suntikan. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan tersebut adalah T0 (kontrol) dengan bahan isian 100% feses sapi potong dan T1 (perlakuan) dengan bahan isian feses sapi potong dan serbuk gergaji. Variabel yang diamati meliputi total gas, total bakteri anaerob, dan laju produksi gas. Data hasil penelitian diuji dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan serbuk gergaji pada bahan isian gas bio tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap produksi gas dan laju produksi gas, sedangkan total bakteri anaerob menunjukkan terdapat pengaruh yang nyata (P < 0,05). Rata-rata produksi gas bio adalah 239,062 ml dan rata-rata laju produksi gas bio 34,156 ml/hari. Total bakteri anaerob pada T0 (kontrol) 7,3 × 106 cfu/g lebih rendah (P < 0,05) daripada T1 (perlakuan) 1,3 × 108 cfu/g. Simpulan penelitian ini adalah serbuk gergaji sebagai bahan tambahan dalam feses sapi potong untuk produksi gas bio belum bisa meningkatkan produksi dan laju produksi gas, tetapi dapat meningkatkan total bakteri anaerob. Kata kunci : feses sapi, serbuk gergaji, total bakteri dan produksi gas

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Food Technology
ID Code:52984
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Apr 2017 10:41
Last Modified:17 Apr 2017 10:06

Repository Staff Only: item control page