Kadar Air, Total Mikroba dan Kesukaan Telur Homogen dengan Penambahan Kunyit, Gula Aren, dan Garam Selama Penyimpanan 6 Hari (Water Content, Total Microbes and Consumer Preferences of Homogenous Egg Injected by Curcuma, Coconut Sugar, and Salt after Six Days Storage

ANGGORO, Hanung Dwi and Pramono, Yoyok Budi and Mulyani, Sri (2011) Kadar Air, Total Mikroba dan Kesukaan Telur Homogen dengan Penambahan Kunyit, Gula Aren, dan Garam Selama Penyimpanan 6 Hari (Water Content, Total Microbes and Consumer Preferences of Homogenous Egg Injected by Curcuma, Coconut Sugar, and Salt after Six Days Storage. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
144Kb
[img]
Preview
PDF
103Kb
[img]
Preview
PDF
137Kb
[img]
Preview
PDF
139Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

185Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

265Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

553Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lama simpan telur homogen yang ditambahkan kunyit, gula aren, dan garam terhadap kadar air, total mikroba dan kesukaan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24-31 Mei 2011 di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro Semarang serta di Laboratorium Fisiologi dan Biokimia Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro Semarang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang lama simpan telur homogen hingga masih layak di konsumsi. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 butir telur ayam ras mentah, kunyit, gula aren, garam, aquades, alkohol 70% dan medium Plate Count Agar (PCA). Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat suntik, bor mesin dengan mata bor ukuran 1mm, cawan porselen, eksikator dan timbangan. Rancangan percobaan yang digunakan untuk pengujian kadar air dan total mikroba adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Pengujian kesukaan dengan 25 panelis agak terlatih sebagai ulangan. Variabel yang diamati yaitu kadar air, total mikroba, dan kesukaan. Perlakuan yang diterapkan yaitu tanpa penyimpanan (T0), penyimpanan selama 2 hari (T1), penyimpanan selama 4 hari (T2), dan penyimpanan selama 6 hari (T3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama penyimpanan telur homogen (tanpa penyimpanan, 2 hari, 4 hari, dan 6 hari) memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap kadar air, total mikroba, dan kesukaan (menurunkan kualitas telur homogen). Nilai rata-rata T0, T1, T2, dan T3 untuk kadar air antara 74,09% – 75,82%; total mikroba antara 7,46 x 102 CFU/g - 4,1 x 104 CFU/g; kesukaan yaitu agak suka – tidak suka. Telur homogen yang mengalami 2 hari penyimpanan masih memiliki kualitas yang baik, sedangkan telur homogen yang mengalami 6 hari penyimpanan masih layak untuk dikonsumsi. Penentuan masa simpan selama 6 hari jumlah mikroba yang terkandung didalam telur homogen ini masih dibawah standar yang diijinkan oleh Badan Standardisasi Nasional SNI-7388-2009 yaitu dibawah 1x105 CFU/g. Kata kunci : telur homogen, kadar air, total mikroba, kesukaan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Food Technology
ID Code:52979
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Apr 2017 10:26
Last Modified:17 Apr 2017 10:04

Repository Staff Only: item control page