ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA MAINTENANCE ELEKTRIKAL DALAM MENERAPKAN WORK PERMIT DI PT. X SEMARANG

WIRDATI, ISMI ELYA (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA MAINTENANCE ELEKTRIKAL DALAM MENERAPKAN WORK PERMIT DI PT. X SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Kecelakaan kerja merupakan kejadian tidak terduga yang dapat terjadi di tempat kerja, menuju ke tempat kerja dan dari tempat kerja. Faktor penyebab kecelakaan kerja antara lain manusia, peralatan, dan lingkungan. Kecelakaan Kerja yang terdapat di PT. X Semarang terjadi pada pekerja maintenance elektrikal dikarenakan pada pekerja elektrikal terdapat hazard yang tinggi. Sehingga perusahaan menerapkan work permit untuk pengendalian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian kecelakaan kerja pada pekerja maintenance elektrikal dalam menerapkan work permit. Peneliti mengambil faktor pengetahuan, kepatuhan, penggunaan APD dan sosialisasi work permit. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat cross sectional. Metode pengambilan sampel dengan cara total sampling yaitu semua pekerja maintenance elektrikal. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Reliabilitas dan validitas data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian faktor dari pekerja yang menyebabkan kecelakaan kerja yaitu kepatuhan menerapkan SOP work permit, penggunaan APD serta sosialisasi work permit. Kata Kunci: Work permit, kepatuhan, penggunaan APD, sosialisasi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:52972
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Apr 2017 09:58
Last Modified:12 Apr 2017 09:58

Repository Staff Only: item control page