Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Manajemen Ditinjau dari Aspek Persepsi Pengguna Dalam Mendukung Proses Manajemen Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta

RIANA, APIT (2006) Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Manajemen Ditinjau dari Aspek Persepsi Pengguna Dalam Mendukung Proses Manajemen Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Masters thesis, MIKM UNDIP.

[img]
Preview
PDF
321Kb

Abstract

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta mempunyai rencana perubahan sistem operasi SIMRS berbasis operating system DOS ke sistem operasi yang lebih baik (sistem windows) sehingga perlu suatu evaluasi pada sistem berjalan saat ini untuk mengetahui keinginan dan pendapat pengguna terhadap aspek­aspek yang mempengaruhi sistem informasi. Acuan yang akan digunakan untuk evaluasi sistem informasi adalah mengunakan metoda PIECES yang terdiri dari Performance, Information/Data, Economic, Control/Security, Efficiency, Service Jenis Penelitian adalah penelitian deskriptif evaluatif dengan pendekatan cross sectional, Data primer didapat dari pengisian kuesioner tentang persepsi responden dan observasi terhadap perangkat keras dalam sistem informasi manajemen. Data sekunder dari dokumen penunjang, Responden yang dipilih adalah orang orang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam penggunaan SIMRS. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif dan kualitatif "content analysis", Hasil penelitian pada aspek performance adalah bagian pelayanan medis terdapat staf merasa lebih baik bekerja tanpa computer. Sering terdapat kerusakan komputer ketika edit. Aspek Information adalah pengguna bermasalah pada ketidaksesuaian ouput dengan kebutuhan informasi (information overloaded & information that isn’t in useful format). dan ketidaksesuaian penyimpanan data (data isn’t captured, data captured redundantly) atau dikenal dengan data patah. Aspek Economic user merasa banyak sumber daya yang akan dibutuhkan untuk pengembangan program, Tidak ada masalah pada aspek Control. Aspek Efficiency adalah adanya masalah dalam in efisiensi waktu (people, machine or computers waste time) dan masalah dalam in efisiensi sumber daya (people, machine or computers waste materials and supplier). Aspek Service adalah masih merasakan kesulitan dalam input data karena jumlah digit tidak sesuai dengan kebutuhan. Dalam penelitian ini disarankan agar user lebih dilibatkan dalam perancangan dan implementasi program sehingga merasa berperan dalam sukses dan gagalnya sistem, pelibatan tersebut dapat mengurangi persepsi negatif tentang sistem komputerisasi. Perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut tentang kapasitas server baik memori maupun penyimpanan data, karena user sering mengalami data patah. Pembenahan kembali ouput cetak dari sistem sehingga lebih efisien waktu maupun sumber daya dengan memberikan menu pilihan cetak pada setiap program. Pembenahan kembali format input dengan mempertimbangkan kebutuhan user ketika input, misalnya jumlah karakter yang diperbolehkan ketika input data sehingga tidak terjadi kesalahan informasi, misalnya bagian farmasi dan rekam medis. Kata Kunci : SIM RS, Kinerja, Evaluasi PIECES, Persepsi Kepustakaan : 27 buku, 1972­2004.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:5296
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Jan 2010 11:53
Last Modified:23 Jan 2010 11:53

Repository Staff Only: item control page