ANALISIS EFISIENSI EKONOMI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI JAMUR TIRAM DI DESA GENTING KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG

puspitasari, vinisa diah and Prasetyo, Edy and Setiyawan, Hery (2017) ANALISIS EFISIENSI EKONOMI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI JAMUR TIRAM DI DESA GENTING KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG. Agrisocionomics UNDIP, 1 (1).

[img]
Preview
PDF
415Kb

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan faktor – faktor produksi terhadap produksi jamur tiram, menganalisis efisiensi penggunaan faktor-faktor produksi pada usahatani jamur tiram di Desa Genting Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Penelitan dilaksanakan pada bulan Desember 2016 Di Desa Genting Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survai, sedangkan untuk menentukan sampel menggunakan metode sensus dengan jumlah responden sebanyak 30 orang petani jamur tiram. Data dianalisis menggunakan analisis liniear regresi berganda dengan fungsi model Cobb-Douglas dan analisi efisiensi ekonomi penggunaan faktor-faktor produksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor produksi yang berpengaruh terhadap produksi jamur tiram adalah luas lahan, serbuk kayu, bekatul dan tenaga kerja, sedangkan faktor produksi bibit dan kapur tidak berpengaruh nyata terhadap produksi jamur tiram. Penggunaan faktor produksi bibit, serbuk kayu, bekatul, kapur dan tenaga kerja secara ekonomi belum efisien, sedangkan penggunaan faktor produksi lahan secara ekonomi tidak efisien. Kata Kunci : efisiensi, faktor produksi, produksi jamur tiram.

Item Type:Article
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:52951
Deposited By:Mr/Mrs Mahasiswa Agribisnis
Deposited On:19 Apr 2017 12:17
Last Modified:19 Apr 2017 12:17

Repository Staff Only: item control page