PENGARUH KOMBINASI DOSIS PUPUK ANORGANIK DAN PUPUK SLURRY CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus L)

Margaretha, Cindy and Yafizham, Yafizham and Hidayat, Kuswanta F. and Karyanto, Agus (2015) PENGARUH KOMBINASI DOSIS PUPUK ANORGANIK DAN PUPUK SLURRY CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus L). Jurnal Agrotek Tropika, 3 (1). ISSN ISSN 2337-4993

[img]
Preview
PDF
6Mb

Abstract

Kacang hijau merupakan salah satu komoditi tanaman pangan di Indonesia yang mengalami penurunan produksi beberapa tahun terakhir. Pemupukan yang imbang dan tepat dosis merupakan salah satu upaya peningkatan produksi kacang hijau. Pupuk kimia saj a tidak dapat dijadikan sebagai sumber unsur hara utama bagi tanaman. Pupuk Slurry cair berasal dari kotoran sapi mengandung unsur hara lengkap dan dapat diserap tanaman lebih cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pupuk slurry cair untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kacang hij au. Penelitian dilaksanakan di Desa Muara Putih, Kecamatan Natar, Lampung Selatan sejak November 2013 hingga Januari 2014. Penelitian ini dirancang dalam rancangan acak kelompok (RAK) dengan 6 perlakuan dan 3 ulangan. Setiap ulangan terdiri dari 6 plot. Plot yang digunakan berukuran 6 x 4 m2 dengan jarak tanam 40 x 15 cm2. Analisis sidik ragam pada taraf 1% dan 5%, uji homogenitas ragam dengan uji Bartlett, aditivitas dengan uji Tukey, dan uji lanjut BNT pada taraf 1% dan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi dosis pupuk Slurry Cair dan pupuk kimia memberikan pengaruh yang berbeda nyata dengan pupuk kimia saj a. Hal ini ditunjukkan perlakuan pemberian urea 12,5 kg ha-' + SP-36 15 kg ha-' + KCl 12,5 kg ha-1+ Slurry Cair 2 liter ha-' memberikan hasil terbaik dalam meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun, bobot bintil akar, bobot berangkas, jumlah polong, serapan hara NPK, dan bobot biji kering kacang hijau.

Item Type:Article
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agroecotechnology
ID Code:52937
Deposited By:Mr. Sugeng Priyanto
Deposited On:10 Apr 2017 13:47
Last Modified:10 Apr 2017 13:47

Repository Staff Only: item control page