Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Pendapatan Usaha Waroeng Steak & Shake di Kota Semarang. The Influence of Marketing Mix on the Income of Waroeng Steak & Shake in Semarang

MANALU, Nelva Hartati and MUKSON, Mukson and HANDAYANI, Migie (2011) Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Pendapatan Usaha Waroeng Steak & Shake di Kota Semarang. The Influence of Marketing Mix on the Income of Waroeng Steak & Shake in Semarang. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
167Kb
[img]
Preview
PDF
9Kb
[img]
Preview
PDF
84Kb
[img]
Preview
PDF
211Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

290Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

421Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

957Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari bauran pemasaran yaitu produk, harga, biaya promosi dan pola distribusi terhadap pendapatan usaha Waroeng Steak & Shake di Kota Semarang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2011 di Waroeng Steak & Shake di Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi atau pengamatan langsung dan wawancara dengan mengambil data, data yang diperoleh merupakan data 6 bulan dari 5 outlet yang ada di Kota Semarang. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara dengan pihak pengelola warung steak. Data sekunder diperoleh dari catatan dan laporan keuangan warung yang meliputi data volume penjualan, harga, biaya promosi, dan biaya bahan-bahan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu rata-rata pendapatan/bulan outlet Imam Bonjol sebesar Rp 5.506.150,00; outlet Sriwijaya sebesar Rp 4.500.023,33; outlet Kartini sebesar Rp 6.768.858,33; outlet Kelud sebesar Rp 4.109.616,67; dan outlet Setiabudi sebesar Rp 3.876.740,00. Hasil analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan: Y = 22.725.749,124 - 298,325 X1 - 3111,660 X2 - 1.110 X3 + 300.590,665 X4. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,380. Nilai signifikansi pada uji F sebesar 0,022 atau (p < 0,05). Nilai statistik koefisien jumlah produk sebesar 0,411 (p > 0,05); koefisien biaya promosi sebesar 0,665 (p > 0,05). Sedangkan koefisien harga jual produk sebesar 0,019 (p < 0,05) dan koefisien model distribusi sebesar 0,019 (< 0,005). Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara serempak jumlah produk, harga jual produk, biaya promosi dan model distribusi berpengaruh nyata terhadap pendapatan. Secara parsial harga jual produk dan model distribusi berpengaruh nyata terhadap variabel pendapatan, sedangkan jumlah produk dan biaya promosi tidak berpengaruh terhadap variabel pendapatan. Kata kunci: bauran pemasaran, pendapatan, Waroeng Steak & Shake

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:52832
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Apr 2017 10:01
Last Modified:04 Apr 2017 10:01

Repository Staff Only: item control page