REPRESENTASI SOSIAL PADA WACANA PIDATO POLITIK PRESIDEN PKS DALAM KONSOLIDASI KADER PKS TAHUN 2013 (ANALISIS WACANA PIDATO POLITIK ANIS MATTA)

'Aisyah, Syaja'atul (2016) REPRESENTASI SOSIAL PADA WACANA PIDATO POLITIK PRESIDEN PKS DALAM KONSOLIDASI KADER PKS TAHUN 2013 (ANALISIS WACANA PIDATO POLITIK ANIS MATTA). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
3986Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Penulis melaksanakan penelitian ini dengan tujuan pertama yakni untuk menguak representasi sosial dari empat wacana pidato politik Anis Matta (AM) sebagai Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam agenda konsolidasi kader PKS di tahun 2013. Tujuan kedua yaitu untuk menemukan beberapa motif AM dalam melakukan representasi sosial tersebut. Agenda konsolidasi ini diadakan untuk mempersiapkan kader PKS dalam menghadapi Pemilu 2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah klausa tuturan pidato politik AM dalam agenda konsolidasi kader PKS di tahun 2013 yang memuat partisipan utama (partisipan yang relevan dengan penelitian ini). Partisipan utama terdiri atas AM, AM dan kader PKS, kader PKS, PKS, dan Publik Indonesia. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teori analisis yaitu Sistem Transitivitas Halliday (2004). Penulis menggunakan teknik simak bebas libat cakap dan teknik purposive sampling untuk memperoleh data. Penyajian analisis data mengunakan metode informal. Hasil dari penelitian ini adalah AM menggunakan 5 tipe proses dalam teori Sistem Transitivitas dengan 5 partisipan utama di atas dalam klausa tuturan pidatonya untuk merepresentasikan fakta sosial hal-hal yang berkaitan dengan PKS dan upayanya untuk memenangkan Pemilu 2014. Lima tipe proses tersebut adalah proses material, proses mental, proses behavioral, proses verbal, dan proses relational-attribute. Penulis menemukan 8 motif AM dalam melakukan representasi sosial. AM memanfaatkan representasi sosial dalam pidato politiknya ini untuk menangani masalah internal PKS dan upaya memenangkan PKS pada Pemilu 2014.

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:Advisor: Dr. Deli Nirmala, M.Hum
Uncontrolled Keywords:LFS, Sistem Transitivitas, Anis Matta, pidato politik, Pemilu 2014
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:52825
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Jan 2018 18:34
Last Modified:13 Feb 2018 10:57

Repository Staff Only: item control page