Total VFA, Konsentrasi NH3 dan Produksi Protein Mikroba Rumen pada Sapi Jawa yang Dipelihara dengan Proporsi Konsentrat yang Berbeda (Total of VFA, Concentration of Ruminal NH3 and Microbial Protein Production in Java Cattle Raised under Different Level of Concentrate)

NUGROHO, Agil and PURNOMOADI, Agung and PURNOMOADI, Retno (2011) Total VFA, Konsentrasi NH3 dan Produksi Protein Mikroba Rumen pada Sapi Jawa yang Dipelihara dengan Proporsi Konsentrat yang Berbeda (Total of VFA, Concentration of Ruminal NH3 and Microbial Protein Production in Java Cattle Raised under Different Level of Concentrate). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
179Kb
[img]
Preview
PDF
84Kb
[img]
Preview
PDF
141Kb
[img]
Preview
PDF
142Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

201Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1197Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1577Kb

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Ternak Potong dan Kerja Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro Semarang, mulai bulan Juli 2010 sampai bulan November 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsentrasi VFA, NH3 dan produksi protein mikroba di dalam rumen akibat proporsi pemberian konsentrat yang berbeda. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 12 ekor sapi Jawa jantan dengan bobot badan awal 271,72 ± 33,02 kg. Pakan yang diberikan dalam penelitian ini adalah jerami padi secara ad libitum dan konsentrat dengan proporsi 30%, 50% dan 70% yang terdiri dari ampas bir, dedak padi, bungkil kopra dan mineral. Jumlah bahan kering (BK) pakan yang diberikan sebanyak 2,6% dari bobot badan, sesuai dengan hasil uji kemampuan makan ternak pada tahap pendahuluan. Pengambilan data berupa sampel urin dilakukan dengan menggunakan harness dan cairan rumen dengan menggunakan pompa vacuum. Parameter yang diamati meliputi konsentrasi NH3 dan VFA rumen serta produksi protein mikroba rumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi pemberian konsentrat yang berbeda tidak menyebabkan perbedaan yang nyata (P>0,05) pada total VFA (rata-rata 39,02 mmol/dl; setara dengan 7.804 mg/dl), konsentrasi NH3 cairan rumen (rata-rata 14,44 mg/dl) dan produksi nitrogen mikroba (rata-rata 21,81 g/hari). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemberian pakan dengan proporsi pemberian konsentrat yang berbeda tidak mampu meningkatkan total VFA, konsentrasi NH3 dan produksi protein mikroba secara nyata pada sapi Jawa. Kata kunci : NH3, protein mikroba, protein pakan, Sapi Jawa, VFA.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:52794
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Mar 2017 14:11
Last Modified:31 Mar 2017 14:11

Repository Staff Only: item control page