METODE PEMBELAJARAN DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN ALTERNATIF (Sebuah Studi Kasus pada Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga)

Ni'mah , Lailatun and Abidin , Zaenal (2017) METODE PEMBELAJARAN DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN ALTERNATIF (Sebuah Studi Kasus pada Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
246Kb

Abstract

ABSTRAK Qaryah Thayyibah adalah sebuah komunitas belajar yang dibentuk berdasarkan gagasan bersama warga Kalibening Salatiga. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan dan memahami lingkungan belajar serta metode pembelajaran yang diusung oleh komunitas belajar Qaryah Thayyibah Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Model pengumpulan data adalah dengan melakukan wawancara dan observasi yang kemudian dilaporkan dengan catatan lapangan. Selain itu, peneliti juga menggunakan studi dokumentasi, baik dokumentasi internal maupun eksternal sebagai data pelengkap penelitian. Partisipan penelitian adalah kepala komunitas belajar, pendamping atau guru komunitas belajar, ibu sebagai orangtua wali, beserta satu orang siswa dan satu orang siswi yang merupakan elemen penting dalam keberjalanan proses belajar di Qaryah Thayyibah. Peneliti mendapat partisipan melalui key person, yang mengenal partisipan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi instruksional berpengaruh penting pada lingkungan Qaryah Thayyibah sebagai metode pembelajaran aktif. Hasil penelitian menunjukkan beberapa tema dari pola masing-masing partisipan, diantara yakni orientasi dan harapan, kemampuan individu, peran orang dewasa sekitar anak, konsep belajar Qaryah Thayyibah, dan komunitas belajar nonformal. Hal yang melatarbelakangi proses belajar di Qaryah Thayyibah adalah musyawarah dan kesepakatan. Kata kunci: komunitas belajar Qaryah Thayyibah; strategi instruksional; musyawarah

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:52790
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Apr 2017 08:35
Last Modified:10 Apr 2017 08:35

Repository Staff Only: item control page