Hubungan Antara Tipe Kepribadian Introversi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Siswa Kelas XI SMA Krista Mitra Semarang

SAMBADA, BAGUS ADI NAWANTRI and DESININGRUM, DINIE RATRI (2017) Hubungan Antara Tipe Kepribadian Introversi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Siswa Kelas XI SMA Krista Mitra Semarang. Undergraduate thesis, Undip.

Full text not available from this repository.

Abstract

HUBUNGAN ANTARA TIPE KEPRIBADIAN INTROVERSI DENGAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA SISWA KELAS XI SMA KRISTA MITRA SEMARANG ABSTRAK Bagus Adi Nawantri Sambada 15010111130066 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Tipe Kepribadian Introversi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Siswa Kelas XI SMA Krista Mitra Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Krista Mitra Semarang yang berjumlah 84 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu cluster sampling. Pengambilan data menggunakan skala kecemasan berbicara di depan umum dan skala tipe kepribadian introversi dari McCroskey (32 aitem valid dengan α = 0,96) sedangkan skala tipe kepribadian introversi (10 aitem valid dengan α = 0,822) yang telah diujicobakan pada 44 siswa kelas XI SMA Krista Mitra Semarang. Data yang diperoleh berdasarkan nilai analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi antara tipe kepribadian introversi dengan kecemasan berbicara di depan umum sebesar 0,313 dengan p=0,004 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan hipotesis yang diajukan oleh peneliti, yaitu ada hubungan yang positif antara tipe kepribadian introversi dengan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa kelas XI SMA Krista Mitra Semarang dapat diterima. Nilai koefisien korelasi positif, artinya semakin positif tipe kepribadian introversi maka semakin tinggi kecemasan berbicara di depan umum. Tipe kepribadian introversi memberikan sumbangan efektif sebesar 9,8% pada kecemasan berbicara di depan umum dan 90,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Tipe kepribadian introversi, Kecemasan berbicara di depan umum, siswa kelas XI SMA.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:52774
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Apr 2017 10:18
Last Modified:03 Apr 2017 10:18

Repository Staff Only: item control page