PENGAMBILAN AIR DARI SISTEM ISOPROPIL ALKOHOL – AIR DENGAN DISTILASI ADSORPTIF MENGGUNAKAN ZEOLIT ALAM DAN SILIKA GEL

Silviana, Silviana and Silvia, Mona and Darmawan, Ragil PENGAMBILAN AIR DARI SISTEM ISOPROPIL ALKOHOL – AIR DENGAN DISTILASI ADSORPTIF MENGGUNAKAN ZEOLIT ALAM DAN SILIKA GEL. Jurnal Reaktor .

[img]PDF (Pengambilan air dari sistem isopropyl alcohol –air dengan distilasi adsorptive menggunakan zeolit alam dan silika gel)
Restricted to Registered users only

137Kb

Abstract

Isopropil alkohol merupakan pelarut umum yang digunakan di industri. Secara ekonomi, dalam penggunaan pelarut perlu diupayakan proses pengambilan kembali pelarut tersebut. Kendala pengambilan kembali pelarut IPA dalam sistem IPA – air adalah sistem tersebut membentuk azeotrop. Untuk itu, penelitian ini mengkaji proses pengambilan air dalam sistem IPA – air melalui proses distilasi adsorptif menggunakan adsorben zeolit alam dan silika gel sebagai adsorbennya. Tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh waktu terhadap kadar IPA pada berbagai jenis penyerap. Percobaan dilakukan dengan variabel tetap yaitu volume umpan sebasar 200 ml dan variabel berubahnya yaitu penggunaan zeolit dan silika gel sebagai adsorben, dan komposisi umpan sebesar 70%, 73%, 75%, dan 80%.. Proses distilasi adsoprsi dijalankan selama 30 menit sampai keluar produk, selanjutunya pengambilan produk untuk dianalisa tiap 5 menit. Analisa menggunakan gravimetri yaitu menimbang berat jenis yang kemudian diplotkan ke kurva standar sehingga terbaca kadar IPA. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan adsorben silika gel lebih efektif dan selektif menyerap air daripada zeolit alam. Dan didapat kondisi optimum penggunaan silika gel komposisi umpan adalah 75% berat IPA dalam larutan hingga kemurnian IPA hingga 91,6% pada menit ke dua puluh. Kata kunci : distilasi adsorptif ; isopropil alkohol; silika gel; zeolit alam

Item Type:Article
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering
ID Code:52747
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Feb 2019 15:23
Last Modified:01 Dec 2021 18:33

Repository Staff Only: item control page