HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN MELAYANI DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA PERAWAT RAWAT INAP RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

Alviliani, Novi and Prihatsanti, Unika (2017) HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN MELAYANI DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA PERAWAT RAWAT INAP RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
20Kb

Abstract

Perawat memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan rumah sakit karena selama 24 jam perawat berada di sekitar pasien dan bertanggung jawab terhadap pelayanan kesehatan pasien, sehingga dibutuhkan perawat yang memiliki Organizational Citizenship Behavior (OCB) yang mampu bekerja diluar jobdesc dan tanggap melayani kebutuhan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan melayani dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Perawat Rawat Inap RSI Sultan Agung Semarang. Kepemimpinan melayani adalah penilaian bawahan terhadap kemampuan pemimpin sejauhmanaatasannya adalah seseorang yang mampu mendengarkan setiap kebutuhan, impian dan harapan dari yang dipimpin. Populasi penelitian sebanyak 150 orang perawat RSI Sultan Agung Semarang. Uji coba diberikan kepada 75 orang perawat RSI Sultan Agung dan penelitian dilakukan kepada 75 orang perawat RSI Sultan Agung Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Skala Organizational Citizenship Behavior (OCB)(20 aitem valid, α= 0, 922) dan Skala Kepemimpinan Melayani (20 aitem valid, α=0,964). Analisis korelasi Spearman’s menunjukkan nilai rxy = 0,435 dan p=0,000 (p<0,05). Hasil ini menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara Kepemimpinan Melayani dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB). Semakin positif Kepemimpinan melayani maka semakin tinggi pula Organizational Citizenship Behavior (OCB), dan sebaliknya. Kata kunci: Organizational Citizenship Behavior (OCB), Kepemimpinan Melayani, Perawat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:52736
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Mar 2017 12:47
Last Modified:30 Mar 2017 12:47

Repository Staff Only: item control page