HUBUNGAN ANTARA IKLIM KESELAMATAN DENGAN STRES KERJA PADA OPERATOR HEAVY DUMP TRUCK (HD)PT. X DI SITE PT. KIDECO JAYA AGUNG

Naharsyahputra, Ayesdha Hilmy and Ratnaningsih, Ika Zenita (2017) HUBUNGAN ANTARA IKLIM KESELAMATAN DENGAN STRES KERJA PADA OPERATOR HEAVY DUMP TRUCK (HD)PT. X DI SITE PT. KIDECO JAYA AGUNG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
215Kb

Abstract

Setiap perusahaan memiliki target produksi. Hal tersebut dapat tercapai dengan baik apabila para pekerja berprestasi dalam pekerjaannya. Salah satu penyebab pekerja kurang dapat berprestasi adalah stres. Salah satu sumber stres adalah lingkungan kerja yang berbahaya. Stres kerja merupakan respon adaptif terhadap kesenjangan antara kebutuhan individu dengan pemenuhannya dari lingkungan kerja. Setiap perusahaan pasti memiliki peraturan guna melindungi pekerjanya, salah satunya adalah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Penilaian seorang pekerja mengenai K3 disebut iklim keselamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim keselamatan dengan stres kerja pada operator Heavy Dump Truck (HD) di Site PT. Kideco Jaya Agung. Populasi dalam penelitian ini adalah 130 karyawan, dengan sampel 63 karyawan. Teknik sampling menggunakan convenience sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Skala Iklim Keselamatan (40 aitem valid, α= 0,939) dan skala Stres Kerja (23 aitem valid, α=0,908). Analisis regresi sederhana menunjukkan nilai rxy = -0,716 dan p=0,000 (p<0,05). Hasil ini menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan antara iklim keselamatan dengan stres kerja. Semakin positif iklim keselamatan maka semakin rendah pula stres kerja, dan sebaliknya. Iklim keselamatan memberikan sumbangan efektif sebesar 51,2% dalam mempengaruhi stres kerja, sedangkan sisanya sebesar 48,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:52731
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Mar 2017 12:43
Last Modified:30 Mar 2017 12:43

Repository Staff Only: item control page