PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG TANDA BAHAYA KEHAMILAN DI PUSKESMAS KARANGDORO

Sari, Eliana and Sudarmiati, Sari (2017) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG TANDA BAHAYA KEHAMILAN DI PUSKESMAS KARANGDORO. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

7Mb
[img]
Preview
HTML
333Kb
[img]
Preview
PDF
333Kb

Abstract

AngkaKematianIbu (AKI) di Indonesia masih tinggi. Di Kota Semarang AKI menunjukkan kecenderungan meningkat setiap tahunnya. Salah satu faktor penyebab tingginya AKI adalah kurangnya pengetahuan ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan. Pemberian pendidikan kesehatan kepada ibu hamil akan meningkatkan pengetahuan, sehingga ibu hamil dapat dengan cepat mengambil keputusan saat menemui tanda bahaya kehamilan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan. Desain penelitian ini adalah pre ekperimental dengan pendekatan one grouppre test – post test tanpa kelompok kontrol. Sampeldiambilmenggunakan teknik purposive samplingdengan jumlah responden 44 ibu hamil. Pendidikan kesehatan diberikan 1 kali selama 25 menitdanmetode yang digunakan adalah ceramah, curah pendapat dan diskusi. Data pre test dan post test diambil dengan kuesioner. Post test dilakukan setelah 7 hari pemberian pendidikan kesehatan. Data dianalisis dengan uji Wilcoxon danmendapatkanp - value = 0,000 dan z = 5,518 (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan pengetahuan ibu hamil saat pre test dan post test. Kesimpulan bahwa pendidikan kesehatan berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan. Berdasarkanhasilpenelitian, disarankan agar petugas kesehatanmemberikan pendidikan kesehatan dan mengevalusi untuk mengetahui keberhasilan pendidikan kesehatan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:52725
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:27 Mar 2017 09:39
Last Modified:27 Mar 2017 09:41

Repository Staff Only: item control page