Pengaruh Pemberian Pakan Gulma Kayambang (Salvinia Molesta) Rawa Pening terhadap Nilai Nutrisi Daging Ayam Kampung (The Effects of Kayambang (Salvinia molesta) Weed Rawa Pening Feeding to the Nutrition Values of Free-Range Chicken Meat)

LOLITA, Ninta Cintantya and DWILOKA, Bambang and ISMADI, Vitus Dwi Yunianto Budi (2014) Pengaruh Pemberian Pakan Gulma Kayambang (Salvinia Molesta) Rawa Pening terhadap Nilai Nutrisi Daging Ayam Kampung (The Effects of Kayambang (Salvinia molesta) Weed Rawa Pening Feeding to the Nutrition Values of Free-Range Chicken Meat). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
485Kb
[img]
Preview
PDF
100Kb
[img]
Preview
PDF
129Kb
[img]
Preview
PDF
135Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

137Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

192Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

808Kb

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung daun kayambang (Salvinia molesta) terhadap kadar protein, kadar lemak, kadar abu, kadar air dan kadar karbohidrat pada daging ayam kampung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September – November 2013 di Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, sementara preparasi sampel bertempat di Laboratorium Rekayasa Pangan dan Hasil Pertanian Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, serta analisis proksimat dilaksanakan di Wahana Laboratorium, Semarang. Materi yang digunakan adalah 100 ekor ayam kampung unsex yang berumur satu hari “Day Old Chick” (DOC) dengan bobot badan rata-rata 31,66 g. Bahan penyusun ransum terdiri dari jagung kuning, bekatul, bungkil kedelai, tepung ikan, minyak, kapur, premix, methionin, lysine, serta tepung daun kayambang (Salvinia molesta). Model rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 4 perlakuan dengan 5 ulangan, sehingga terdapat 20 unit percobaan, dan setiap unit percobaan terdiri dari 5 ekor ayam. Perlakuan terdiri dari T0 = ransum tanpa Salvinia molesta, T1 = ransum dengan Salvinia molesta 6%, T2 = ransum dengan Salvinia molesta 12%, T3 = ransum dengan Salvinia molesta 18%. Ransum hasil dari penyusunan diberikan pada saat periode starter dan finisher. Pengambilan data yaitu kadar protein, kadar lemak, kadar abu, kadar air dan kadar karbohidrat dengan analisis proksimat menggunakan metode Association of Official Analytical Chemists, 1995 (AOAC), sementara kadar karbohidrat adalah by difference. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian tepung daun kayambang (Salvinia molesta) pada ayam kampung tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kadar protein, kadar lemak, kadar abu, kadar air dan kadar karbohidrat daging. Kadar protein daging ayam kampung adalah (18,48%-19,71), kadar lemak (2,6%-3,2%), kadar abu (0,8%-0,84%), kadar air (74,98%-75,71%) dan kadar karbohidrat (1,26%-2,22%). Simpulan penelitian ini bahwa nilai nutrisi pada daging ayam kampung yang mendapat perlakuan pemberian tepung daun kayambang (Salvinia molesta) sebagai campuran pakan tidak memberikan pengaruh yang terhadap kadar protein, kadar lemak, kadar abu, kadar air maupun kadar karbohidrat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:52598
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Mar 2017 08:56
Last Modified:22 Mar 2017 08:56

Repository Staff Only: item control page