Analisis Penyebab dan Pengendalian Kejadian Kecelakaan Kerja di Jalan Raya pada Deliveryman Tahun 2014-2015(Studi Kasus pada Deliveryman PT. Coca Cola Amatil Indonesia Central Java)

Firdani, Zhagita Puspa Trisna Lautama (2016) Analisis Penyebab dan Pengendalian Kejadian Kecelakaan Kerja di Jalan Raya pada Deliveryman Tahun 2014-2015(Studi Kasus pada Deliveryman PT. Coca Cola Amatil Indonesia Central Java). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Deliveryman adalah pekerja yang bekerja sebagai driver untuk mengantarkan barang yang mempunyai risiko tinggi mengalami kecelakaan kerja di jalan raya. Terdapat peningkatan kasus kecelakaan kerja di jalan raya dari tahun 2014-2015, padahal deliveryman sudah dibekali dengan pelatihan mengemudi dan pengecekan BAROMETER. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penyebab kecelakaan kerja di jalan raya dan upaya pengendalian yang sudah dilakukan untuk mengendalikan kecelakaan kerja di jalan raya pada deliveryman PT. Coca Cola Amatil Indonesia Central Java. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 3 penyebab kecelakaan kerja di jalan raya pada deliveryman PT. Coca Cola Amatil Indonesia Central Java tahun 2014-2015 yaitu substandard act berupa perilaku berbahaya, faktor pekerjaan dan faktor kendaraan. Perilaku berbahaya yang dimaksud adalah kurangnya konsentrasi ketika mengemudi yang menyebabkan deliveryman menabrak pengendara lain, dan faktor pengendara lain yang menabrak truk delivery. Faktor pekerjaan yang dimaksud adalah banyaknya jumlah delivery dalam satu hari sehingga melebihi batas jam kerja normal, dan faktor kendaraan yang dimaksud adalah ketidak sesuaian penerapan prosedur inspection check BAROMETER. Pengendalian yang dilakukan adalah defensive riding safety driving training, briefing, dan medical check up. Saran bagi perusahaan adalah menerapkan K3 dengan baik selama proses kerja. Sedangkan bagi pekerja mematuhi rambu-rambu dan aturan berlalu lintas, mematuhi program K3 yang berlaku, melakukan inspection check BAROMETER dengan lengkap, mengikuti briefing dan melakukan loading sesuai dengan kapasitas. Kata Kunci: deliveryman, kecelakaan kerja di jalan raya, PT. Coca Cola Amatil Indonesia Central Java

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:52580
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:21 Mar 2017 14:41
Last Modified:21 Mar 2017 14:41

Repository Staff Only: item control page