ANALISIS KESIAPSIAGAAN POLISI KEHUTANAN TERHADAP POTENSI DAN PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DI WILAYAH KPH SEMARANG PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JAWA TENGAH(Studi Kasus di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Penggaron)

PAMUNGKAS, IMAM SUBHA ARI (2016) ANALISIS KESIAPSIAGAAN POLISI KEHUTANAN TERHADAP POTENSI DAN PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DI WILAYAH KPH SEMARANG PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JAWA TENGAH(Studi Kasus di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Penggaron). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
32Kb

Abstract

Hutan merupakan bagian dari ekosistem yang sangat penting untuk keseimbangan alam. Kebakaran hutan adalah suatu keadaan dimana hutan dilanda api sehingga mengakibatkan kerusakan hutan dan atau hasil hutan yang menimbulkan kerugian ekonomis dan atau nilai lingkungan. Berdasarkan data laporan kejadian kebakaran hutan KPH Semarang bulan Juni-Oktober 2015, wilayah hutan BKPH Penggaron telah mengalami lima kejadian kebakaran hutan. Peran polisi kehutanan terhadap potensi dan pencegahan kebakaran hutan sangatlah penting untuk menjaga kelestarian hutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku kesiapsiagaan polisi kehutanan terhadap potensi dan pencegahan kebakaran hutan di wilayah KPH Semarang Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam. Subyek penelitian ini berjumlah 4 orang sebagai informan utama dan 3 orang sebagai informan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan informan utama sudah mengetahui pengertian kebakaran, penyebab terjadinya kebakaran, dampak kebakaran, dan alat-alat yang dapat menunjang penanggulangan kebakaran hutan. Sikap informan utama sudah memiliki sikap yang tanggap ketika terjadi kebakaran hutan dan melakukan upaya pencegahan kebakaran hutan. Ketersediaan fasilitas penanggulangan kebakaran hutan di tempat kerja masih kurang. Ketersediaan pelatihan dan pembinaan tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran di tempat kerja sangat bermanfaat bagi polisi kehutanan karena memberikan bekal pengalaman untuk kinerja polisi kehutanan. Dukungan LMDH, Kepala Urusan SDM, Asper, dan Koordinator Keamanan sangat diperlukan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan. Instansi perlu melakukan penilaian risiko kebakaran hutan dan mempertimbangkan penyediaan fasilitas penanggulangan kebakaran yang memadahi. Kata Kunci: kesiapsiagaan, kebakaran, polisi kehutanan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:52555
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Mar 2017 11:44
Last Modified:21 Mar 2017 11:44

Repository Staff Only: item control page